Kompas.com - 09/05/2014, 14:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Amsterdam, KompasOtomotif – Teknologi baru untuk meningkatkan keselamatan dan menghemat energi mulai merambah infrastruktur. Di Belanda, diciptakan marka yang akan menyala saat malam hari (glow in the dark). Penanda jalan itu mengandung bubuk phosphorescent dan sudah diuji coba di ruas jalan Oss, di Tenggara Ibu Kota selama beberapa bulan.

Meski demikian, selama masa percobaan didapati bahwa daya tahannya tak cukup lama. Dilaporkan BBC (8/5/2014), tingkat pendaran cahaya mulai luntur akibat kelembaban udara. Ini membuat Heijmans, kontraktor di negara setempat harus menyusun ulang untuk membuatnya lebih tahan cuaca.

Perusahaan pun menyarankan, garis marka diperbarui dengan menambahkan bubuk phosphorescent, juga menambahkan panel cahaya matahari. Dengan begitu, tak hanya lebih terang, tetapi juga lebih awet menghadapi musim dan kelembaban udaran yang silih berganti.

”Langkah ini memang akan membuat pengerjaan semakin kompleks dan menaikkan biaya. Tapi perubahan struktur itu akan menjadi solusi,” begitu bunyi pernyataan resmi dari Heijmans.

Selain tahan air dan hujan, material baru diharapkan bisa menahan ”injakan” ban dengan intensitas tinggi, juga tetap terlihat siang atau pun malam. Garis glow in the dark baru ini akan dikenalkan musim panas tahun ini, dengan penerapan yang lebih banyak di berbagai ruas jalan Belanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.