Kompas.com - 14/04/2014, 17:31 WIB
15 model sepeda motor injeksi Honda. Agung Kurniawan15 model sepeda motor injeksi Honda.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha R15 datang dengan percaya diri. Sebagai new comer, model ini cukup dinanti konsumen sepeda motor khususnya penggemar segmen sport, karena selama ini sport ber-fairing 150cc di Indonesia tak begitu ”meriah”. Praktis merek ternama yang mengisi hanya Honda CBR150R. Bisa dibilang, keduanya bakal head to head.

Bagi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), R15 diharapkan memperkuat penjualan di segmen sport. Paling tidak, menyokong V-ixion dan Byson yang saat ini bertahan dari gempuran Honda demi ambisi merebut segmen sport. Kepungan itu datang dari Verza 150, New MegaPro, CB150R, CBR150R, hingga CBR250R.

PT Astra Honda Motor (AHM) pernah menegaskan bahwa segmen sport akan berusaha dikuasai pelan-pelan, paling tidak mulai tahun ini. Indikasi keseriusannya sudah jelas, pada Januari 2014 AHM dengan pasukan sport-nya merebut penjualan segmen sport, pasar terakhir yang dikuasai Yamaha.

Namun, garpu tala merebutnya kembali di Februari. Terbaru, bulan lalu, Honda juga belum bisa mendekap segmen sport hanya dengan penjualan 124.102 unit, sementara Yamaha berhasil membukukan penjualan 130.070 unit atau menguasai market share 45,46 persen.

www.facebook.com/TheThaiYamahaR15V2 Yamaha R15 version 2 sudah diperkenalkan di Bangkok Motor Show 2014.

Peta kekuatan
Bisa dibayangkan, datangnya R15 akan menjadi nafas tambahan penjualan V-ixion yang sudah besar. Akankah jarak penjualan sport Yamaha dan Honda akan menjauh? Bisa iya bisa tidak. Hal ini sangat bergantung dengan kualitas dan performa R15 itu sendiri, apakah sudah sesuai ekspektasi atau justru menjadi bumerang.

R15 bisa dibilang senjata YIMM untuk memperkuat posisi. Jika diterima baik oleh masyarakat, senjata lain yang sudah menunggu, yakni R25 yang akan bertarung di segmen lebih tinggi lebih mudah terangkat.

Lalu, bagaimana kekuatan Honda? Langkah apa saja yang disiapkan? Dalam beberapa kesempatan, AHM tampak santai meski sebenarnya berambisi meraih segmen ini. Di awal tahun, Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM pernah menyinggung soal keyakinan bahwa segmen sport akan mereka kuasai tahun ini, meski diakui harus bersusah-payah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di lain kesempatan, Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya, mempertajam target tahun ini di segmen sport, yakni menguasai 45 persen dan menjadi pemimpin.

Langkah antisipatif sudah dan akan dilakukan Honda. Tak cukup dengan memasang Verza 150, New MegaPro, CB150R Streetfire, CBR150R, dan CBR250R, pembaruan lain sudah disiapkan.

Kekuatan bakal ditambah, setelah dalam TPT-online Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu AHM mengajukan pembaruan CBR150R. Tiger yang melegenda juga dikabarkan bakal diganti dengan model baru yang lebih bergigi, kemungkinan bermesin 230cc.

Menarik disimak pergerakan segmen pasar ini dalam beberapa bulan ke depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X