Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Ikut Terkena Getah ”Recall” Toyota

Kompas.com - 10/04/2014, 12:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autoblog

Detroit, KompasOtomotif – Pengumuman recall yang dilakukan Toyota terhadap 6,4 juta unit mobil di seluruh dunia—termasuk ASEAN, menimpa Fortuner dan Innova—membawa dampak beruntun. Dikonfirmasi Autoblog hari ini, (10/4/2014), General Motors (GM) yang sedang terbelit masalah yang sama juga kena getahnya.

Salah satu mobilnya, Pontiac Vibe yang dipasarkan di Amerika dan sejumlah negara lain ikut di-recall. Hal ini karena model tersebut berbagi suku cadang dengan Toyota Matrix, salah satu model yang terkena imbas recall. Kabel puntir yang dikhawatirkan mengganggu kinerja kantung udara mobil-mobil Toyota juga dipakai Vibe.

”Sekitar 40.500 Pontiac Vibe produksi 2009-2010 termasuk yang kena dampak recall, karena Toyota mendesain dan merakit Vibe untuk Pontiac. GM akan bertanggung jawab dengan menyervis para konsumen pemilik Vibe ketika Toyota menyatakan siap dengan suku cadang yang bermasalah,” kata juru bicara GM, Alan Adler.

Seperti diberitakan, recall Toyota menimpa lebih dari 1,3 juta unit di AS, termasuk Corolla 2009-2010, Matrix dan Tacoma, Highlander 2008-2010, RAV4 2006-2008, Yaris 2006-2010, hingga Vibe 2009-2010. Semuanya terkena masalah kabel puntir pada kantung udara yang bisa rusak ketika roda kemudi diputar. Jika ini terjadi, kantung udara akan tidak berfungsi dan berpotensi mencelakai pengemudi jika terjadi tumbukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com