Ford Indonesia Resmi Luncurkan Fiesta EcoBoost

Kompas.com - 21/03/2014, 17:56 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Ford Motor Indonesia (FMI) secara resmi meluncurkan varian Fiesta baru, bermesin 1.0L EcoBoost. Jantung pacu tersebut merupakan mesin terkecil di kelasnya dan hanya memiliki 3 silinder. Kendati demikian mampu memberikan tenaga 120 PS, sama dengan versi 1.6L yang kini sudah dipensiunkan. Dengan tenaga yang sama, tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar diklaim 25 persen lebih baik.

“Pelanggan akan sangat terkesan dengan performa yang melampaui ukuran dari mesin kecil 1.0L EcoBoost. Konsumen akan kagum dengan kesenyapan mesin ini, bagaimana cepatnya akselerasi mobil, dan betapa sedikit bahan bakar yang dibutuhkannya,” ujar Bagus Susanto, Managing Director, Ford Motor Indonesia, melalui keterangan resmi yang diterima Jumat (21/3/2014).

Kombinasi apik
EcoBoost merupakan penggabungan teknologi injeksi langsung, turbo, varibel katup, serta kapasitas mesin yang kecil. Kolaborasi apik tersebut mampu memberikan kombinasi apik antara tenaga, efisiensi BBM dan emisi gas buang.
 
Dimensi mesin tergolong kecil, memiliki luas seukuran kertas A4 dengan volume mini sehingga bisa dimasukkan dalam tas standar bagasi kabin pesawat (hand carry).

Febri Ardani Mesin 1.0 liter EcoBoost
Teknologi
Secara rinci banyak teknologi yang dipasang pada EcoBoost. Seperti turbo berukuran kecil, namun diklaim responsif mengantarkan daya dari rpm rendah. Exhaust manifold yang dicetak ke kepala silinder, sehingga gas buang dapat didinginkan. Fungsinya, untuk mencapai rasio optimal bahan bakar terhadap udara.

Ada juga blok cast iron yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat dibandingkan dengan blok aluminium konvensional. Berfungsi memotong besarnya energi ‘pemanasan’ mesin sebanyak 50 persen serta meningkatkan penghematan bahan bakar. Plus, sistem “split cooling” yang mempunyai thermostat terpisah untuk kepala dan blok silinder memungkinkan pemanasan mobil dengan cepat.

Ditambah sistem dua drive belt utama pada mesin yang direndam di dalam oli, untuk menghasilkan mesin yang lebih senyap dan efisien. Sementara pompa oli variabel memastikan tekanan oli optimal di rentang kecepatan penuh.

"Tujuan kami dengan New Ford Fiesta adalah mengambil mobil populer yang sudah menjadi pemimpin di segmennya. Terutama dalam hal efisiensi bahan bakar, performa dan kepribadian, serta menjadikannya bahkan lebih baik lagi. Kami yakin dengan kehadiran 1.0L EcoBoost sebagai tambahan varian new Fiesta, akan terus mendorong batasan yang ada dan menetapkannya sebagai pemimpin segmen mobil kecil," kata Bagus.

Varian EcoBoost tersedia dalam delapan pilihan warna menarik. Terdiri dari Arctic White, True Red, Black Mica, Highlight Silver, Chili Orange, Metropolitan Grey, Phantom Purple dan Celestial Blue.  

Harga varian EcoBoost :
- Sport MT : Rp. 240,4 juta
- Sport PowerShift AT : Rp. 250,4 juta
- Titanuim PowerShift AT : Rp. 280,4 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.