Kompas.com - 18/03/2014, 19:23 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

New Delhi, KompasOtomotif - Sejak pertama kali menampilkan generasi terbaru Everest dalam wujud konsep, di Australia, Agustus lalu, Ford mengatakan pemasaran dimulai pada akhir 2015 sebagai model 2016. Nampaknya kemajuan persiapan peluncuran terus dilakukan. Indianautosblog, Senin (17/3/2014), menampilkan gambar paten SUV 7 penumpang yang dilansir dari situs China.

Dijelaskan, hampir 90 persen versi produksi identik dengan konsep. Seluruh desain dikerjakan oleh tim Ford Australia untuk memenuhi ekspektasi konsumen di seluruh dunia. Diberitakan Everest terbaru mengenakan platform sama dengan New Ranger, namun dengan jarak sumbu roda lebih pendek.

Perawakannya tetap sama, ground clearance tinggi, dan gril trapezoidal. Detail desain terlihat lebih urban dan “membumi”, walau tetap menunjukan karakter berotot.  

Bensin dan diesel
Diprediksi akan menggunakan mesin bensin 2.5 liter DuraTec, dan diesel 2.2 liter DuraTorq TDCi. Untuk transmisi, ada manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Juga tersedia varian penggerak dua roda belakang atau semua roda (all wheel drive).

Di India, Everest anyar akan bersaing bersama Toyota Fortuner yang juga dikabarkan segera mendapatkan versi All-New. Berbeda dengan Ford, Toyota mengganti tipe sasis body-on-frame dengan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Beberapa media India mengatakan, sebelum versi ini dirilis, Ford akan meluncurkan edisi facelift Everest lebih dahulu. Setelahnya model terbaru datang setahun kemudian. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.