Kamera Mundur Lebih Baik Dibanding Sensor Parkir

Kompas.com - 16/03/2014, 11:55 WIB
Ilustrasi IIHSIlustrasi
|
EditorAris F. Harvenda

Los Angeles, KompasOtomotif - Organisasi non-profit AS, Insurance Institute of Highway Safety (IIHS) mengatakan, kamera mundur lebih efektif dibanding sensor parkir untuk mencegah tabrakan saat mobil mobil yang berjalan ke belakang (mundur). Dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (13/3/2014) menjelaskan, sekitar 292 orang terbunuh dan 18.000 lainnya cedera setiap tahun akibat kesalahan ini di AS.

Penelitian dilakukan terhadap pengendara sukarelawan di lahan parkir dengan berbagai tiang beragam warna yang diandaikan sebagai anak kecil 12-15 tahun dengan tinggi bervariasi. Posisi diletakkan di belakang mobil secara acak, sehingga sulit diamati lewat spion tengah dan samping. Melibatkan 21 kendaraan model 2010-2013 yang menggunakan kamera mundur atau sensor parkir, dikendarai untuk menyelesaikan rintangan tersebut, agar mendapatkan teknologi terbaik yang bisa meningkatkan visibilitas dan deteksi.

Tanpa kedua fitur tersebut, SUV bongsor dan pikap mendapatkan hasil terburuk, terbukti memiliki blind spot terbesar dari semua kendaraan yang diuji. Semakin besar dimensi kendaraan maka semakin sedikit jarak pandang.

Kesimpulan, kamera mundur lebih aman sebab rata-rata mengurangi 90 persen blind spot. Sensor parkir dengan mengandalkan gelombang ultrasonic atau radar juga mampu mendeteksi objek di sekitar mobil namun tidak sebaik kamera mundur.

“Sekarang kamera mundur menjadi teknologi yang bisa menanggulangi kejadian tragis seperti ini  yang kerap kali mencederai anak kecil di lingkungan sekitar,” papar David Zuby, Executive Vice President and Chief Research Officer IIHS. 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X