Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti “Head Up Display” Diproduksi Massal

Kompas.com - 17/02/2014, 19:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Teknologi Head Up Display (HUD) yang awalnya dikatakan hanya untuk mobil sport dan mewah kini mulai merambah ke model lain. Sebagai tolok ukur, Edmunds, Senin (17/2/2014), menjelaskan, pada 2014, 38 model di AS telah memiliki fitur tersebut, naik 13 model sejak 2009.

Pabrikan telah menyadari keunggulan yang mempermudah pengemudi memonitor petunjuk arah, pengatur sistem audio, dan indikator fungsi mobil tanpa menggeser pandangan mata ke jalan. Tampilan disiarkan ke kaca depan, persis di atas kap mesin tanpa mengganggu visibilitas pengemudi.

Generasi perdana, tampilan hanya tersedia satu warna dengan sedikit informasi, mirip seperti jam digital. Tapi sekarang HUD bekerja lebih modern, kini bisa menampilkan grafis arah jalan menyesuaikan jalur yang dihadapi mobil. Bahkan teknologi mirip kokpit pesawat tempur ini sudah diaplikasikan ke helm untuk pengendara motor oleh beberapa pabrikan aftermarket.

Automotive News menjelaskan, Audi, BMW, Lexus, dan Cadillac terhitung sebagai model terlaris dengan HUD di AS. Mercedes-Benz sempat tidak bergeming menyediakan fitur ini di mobil massal, namun akhirnya “melunak” dengan melengkapi pada model C-Class dan S-Class terbaru.

Pemasok
Kini pemasok seperti Nippon Seiki, Harman, Denso, Continental, Visteon, Bosch, Delphi, Panasonic, telah menyatakan ketertarikannya, semua tengah berusaha membuat HUD yang sesuai dengan kebutuhan modern namun dengan ongkos produksi yang sesuai. HUD membutuhkan kaca depan khusus dan optik besar agar bisa menghasilkan tampilan gambar.

Mark Boyadjis, analis IHS Automotive meramalkan, 60 persen atau 9,1 juta unit dari seluruh mobil yang dipasarkan pada 2020 sudah memiliki HUD sebagai kelengkapan standar.  Jumlah tersebut meningkat dari hanya 500.000 unit tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com