Kompas.com - 03/02/2014, 08:11 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Hanover, KompasOtomotif – Akhirnya, Volkswagen Kombi produksi terakhir tiba di Museum VW, Hanover, Jerman, akhir pekan lalu. Mobil berjenis mikrobus ini keluar dari pabriknya di Brazil 20 Desember 2013 silam, dengan nama resmi model ”Volkswagen Type 2 Kombi”, menandai akhir perjalanan selama 63 tahun untuk menjadi ikon di seluruh dunia sejak 2 September 1957.

Model terakhir yang sudah memasuki masa pensiun itu diberi warna kombinasi biru muda dan putih. Jenisnya Type 2, yang artinya edisi terakhir, cuma dibuat 1.200 unit dan hanya ditawarkan di Brazil. Terdapat stiker ”56 Kombi” di bagian samping-belakang, sebagai simbol bahwa mobil ini sudah 56 tahun diproduksi di Brazil.

Tentu Kombi generasi baru ini jauh lebih canggih. Apalagi, regulasi terakhir di Negeri Samba mengharuskan semua mobil yang diproduksi maupun impor harus punya ABS dan kantung udara.

Berdasarkan data Autoweek, sudah 3,5 juta Kombi yang dibangun dan terjual di seluruh dunia. Brazil menyumbang 1,5 juta. Menandai perjalanannya, pada 1991 mesin diubah dari berpendingin udara menjadi pendingin air, dengan ciri-ciri penambahan gril untuk kisi-kisi udara radiator. Tapi secara keseluruhan, model tidak berubah selama lebih dari setengah abad.

Di museum, Kombi terakhir akan bersanding dengan mobil-mobil penumpang lain di bagian Volkswagen Commercial Vehicle. Selamat beristirahat, legenda!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.