Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombi Terakhir Lengkapi Museum Kejayaan VW

Kompas.com - 03/02/2014, 08:11 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hanover, KompasOtomotif – Akhirnya, Volkswagen Kombi produksi terakhir tiba di Museum VW, Hanover, Jerman, akhir pekan lalu. Mobil berjenis mikrobus ini keluar dari pabriknya di Brazil 20 Desember 2013 silam, dengan nama resmi model ”Volkswagen Type 2 Kombi”, menandai akhir perjalanan selama 63 tahun untuk menjadi ikon di seluruh dunia sejak 2 September 1957.

Model terakhir yang sudah memasuki masa pensiun itu diberi warna kombinasi biru muda dan putih. Jenisnya Type 2, yang artinya edisi terakhir, cuma dibuat 1.200 unit dan hanya ditawarkan di Brazil. Terdapat stiker ”56 Kombi” di bagian samping-belakang, sebagai simbol bahwa mobil ini sudah 56 tahun diproduksi di Brazil.

Tentu Kombi generasi baru ini jauh lebih canggih. Apalagi, regulasi terakhir di Negeri Samba mengharuskan semua mobil yang diproduksi maupun impor harus punya ABS dan kantung udara.

Berdasarkan data Autoweek, sudah 3,5 juta Kombi yang dibangun dan terjual di seluruh dunia. Brazil menyumbang 1,5 juta. Menandai perjalanannya, pada 1991 mesin diubah dari berpendingin udara menjadi pendingin air, dengan ciri-ciri penambahan gril untuk kisi-kisi udara radiator. Tapi secara keseluruhan, model tidak berubah selama lebih dari setengah abad.

Di museum, Kombi terakhir akan bersanding dengan mobil-mobil penumpang lain di bagian Volkswagen Commercial Vehicle. Selamat beristirahat, legenda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com