Kompas.com - 26/01/2014, 14:22 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Sao Paulo, KompasOtomotif — Barrack Obama ”KW super” (tiruan) dari Indonesia, Ilham Anas, tiba-tiba muncul di iklan suku cadang Volkswagen garapan sekolah periklanan Miami Ad School, Sao Paulo, Brasil. Bintang iklan berbagai produk dan lembaga itu disandingkan dengan Obama asli, lalu di bawahnya terdapat kata-kata ”there’s a huge difference” atau jika diterjemahkan berarti ”terdapat perbedaan besar”.

Pesannya jelas, iklan ini mengimbau pengguna Volkswagen untuk tetap menggunakan suku cadang asli, bukan ”KW” atau tiruan. Namun jika dilihat dari sudut pandang dunia periklanan, sebenarnya agak aneh jika merek global sekelas VW dengan berani membandingkan dua orang, apalagi figurnya adalah Presiden AS Barrack Obama, yang seharusnya justru muncul di iklan GM, Ford, atau Chrysler yang buatan Amerika.

Ternyata memang ini bukan iklan asli dari produsen Jerman. Diduga, ini adalah tugas kuliah yang dipublikasikan pada Desember 2013, dengan tim yang terdiri dari instruktur, copywriter, dan art director di Miami Ad School. Idenya cukup brilian dan menarik perhatian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.