Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Obama" Jadi Bahan Iklan Volkswagen

Kompas.com - 26/01/2014, 14:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sao Paulo, KompasOtomotif — Barrack Obama ”KW super” (tiruan) dari Indonesia, Ilham Anas, tiba-tiba muncul di iklan suku cadang Volkswagen garapan sekolah periklanan Miami Ad School, Sao Paulo, Brasil. Bintang iklan berbagai produk dan lembaga itu disandingkan dengan Obama asli, lalu di bawahnya terdapat kata-kata ”there’s a huge difference” atau jika diterjemahkan berarti ”terdapat perbedaan besar”.

Pesannya jelas, iklan ini mengimbau pengguna Volkswagen untuk tetap menggunakan suku cadang asli, bukan ”KW” atau tiruan. Namun jika dilihat dari sudut pandang dunia periklanan, sebenarnya agak aneh jika merek global sekelas VW dengan berani membandingkan dua orang, apalagi figurnya adalah Presiden AS Barrack Obama, yang seharusnya justru muncul di iklan GM, Ford, atau Chrysler yang buatan Amerika.

Ternyata memang ini bukan iklan asli dari produsen Jerman. Diduga, ini adalah tugas kuliah yang dipublikasikan pada Desember 2013, dengan tim yang terdiri dari instruktur, copywriter, dan art director di Miami Ad School. Idenya cukup brilian dan menarik perhatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com