Truk Militer Hibrida, Kawinkan Boxer Diesel dengan Motor Listrik

Kompas.com - 06/01/2014, 15:44 WIB
Prototipe hibrida Ultra Light Vehicle Prototipe hibrida Ultra Light Vehicle
|
EditorZulkifli BJ
Michigan, KompasOtomotif - Militer Amerika Serikat di bawah komando Tank Automotive Research Development and Engineering Centre (TARDEC) mengembangkan prototipe Ultra Light Vehicle (ULV) hibrida sebagai pengganti "kendaraan dinas" Humvee yang dinilai terlalu boros bahan bakar.

Sebagai sumber penggerak, digunakan mesin  diesel 'boxer'  V8 6,5 liter milik Subaru yang menghasilkan tenaga 178 PS dan torsi 353 Nm. Tambahan lain, dua motor listrik buatan Remy 410HVH HT, masing-masing menyediakan tenaga ekstra 271 PS dan torsi 1144 Nm yang bisa ditingkatkan menjadi 374 PS dan torsi 1,655 Nm. 

Autoblog Suasana kabin prototipe hibrida Ultra Light Vehicle
Kini konsumsi bahan bakar mencapai 11 km/l dan bila menggunakan baterai bisa untuk menempuh jarak 34 km. Bila mesin diesesl dan baterai digabungkan, hasilnya 539 km.

Autoblog Prototipe hibrida Ultra Light Vehicle
Menurut pihak militer, kendaraan tempuh hibrida punya dua keuntungan. Pertama bisa menjelajah tanpa suara. Kedua, mesin listrik langsung menggerakan setiap roda sehingga poros atau as kopel  tidak dibutuhkan. Menambah perlindungan awak kabin saat menghadapi bahaya ranjau darat.

Harga produksinya diperkirakan tidak lebih dari Rp 3 miliar per unit, masih "sesuai" dengan bujet ekonomis militer. TARDEC mengatakan masih terus melakukan pengetesan dan pengembangan pada tahun ini, sampai versi final produksinya bisa dipastikan.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Autoblog
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.