Perhatikan Komponen Ini Jika Memodifikasi Audio atau Aki "Soak"

Kompas.com - 29/12/2013, 20:34 WIB
Penambahan subwoofer di bagasi Aris HarvendaPenambahan subwoofer di bagasi
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Memodifikasi sistem audio dengan menambahkan subwoofer, penguat suara (power amplifier) dan monitor, harus diimbangi dengan suplai listrik ke aki. Pengguna kerap mengabaikan alternator ketika mengubah sistem audio. Padahal komponen ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak aki akan tekor dan tidak menutup kemungkinan alternator pun akan jebol. Hal tersebut diakibatkan kerja yang ekstra berat.
Aris Harvenda Alternator rusak
Atek, pemilik gerai Galeri Alternator di Jalan Haji Nawi Jakarta Selatan pernah menyampaikan bahwa usi pakai alternator bisa mencapai 5 tahun. Ketika melewati masa tersebut kecenderungan kinerja alternator mulai berkurang dan berakibat pasokan listrik minim atau bahkan tidak sama sekali. Salah satu faktor yang mempercepat masa pakai adalah, penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar seperti modifikasi audio dan pemasangan monitor.

Kapasitas
Biasanya, lanjut Atek, kapasitas pengisian bawaan pabrik hanya menyisakan antara 5 - 10 A sebagai cadangan. Ketika ada penambahan komponen melebihi batas maka alternator harus diganti dengan kapasitas yang sesuai atau dimodifikasi dengan mengganti gulungan atau memasang penguat. Jika tidak, maka kerja makin berat dan menyebabkan cepat soak.

Tanda-tanda mulai soak lampu indikator bergambar aki atau tulisan 'CHG' menyala. "Selain itu terdengar suara dari alternator akibat bearing yang sudah mulai aus. Jika tidak segera diganti, rotor dan stator akan bersentuhan, timbul panas, dan akhirnya bisa gosong," ungkap Atek. Kalau sudah gosong otomatis tidak bisa digunakan lagi alias rusak total. Hanya rumah alternator saja yang bisa digunakan kembali.

Rusak
Agar bisa menikmati modifikasi sistem audio lebih lama tanpa gangguan alternator rusak atau aki tekor, ada baiknya diikuti dengan peningkatan kapasitas yang sesuai. Hal tersebut juga mencegah banyaknya komponen yang diganti, ketika sudah melewati masa kerjanya atau muncul suara aneh. Segera lakukan reproduksi jika memang terlanjur rusak dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika sudah mengalami gejala-gejala alternator soak berarti sudah masuk masa reproduksi. Maksudnya, beberapa komponen utama di dalamnya harus diganti baru, antara lain pengatur voltase dan penyearah arus (rectifire). Sementara gulungan, rotor dan stator masih bisa dipakai. Setelah diganti alternator bisa digunakan paling tidak 3 tahun dengan pemakaian normal. "Pastikan bengkel reproduksi memberikan jaminan paling tidak setahun," tutup Atek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.