Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Libur, Rental Mobil Banjir Pesanan

Kompas.com - 26/12/2013, 17:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jalan-jalan bareng keluaga saat momen libur penghujung tahun sudah lumrah dilakukan. Buat yang tidak ingin pakai mobil pribadi atau menggunakan sarana transportasi massal, solusinya bisa cari mobil sewaan. Tapi harus buru-buru cari informasi, sebab beberapa penyedia jasa penyewaan mobil mengaku sudah tidak memiliki unit tersisa.

Hendrawan, salah satu pebisnis rental mobil di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur mengaku 10 unit mobil yang ia sewakan sudah ludes dipesan untuk pemakaian 23 Desember hingga 1 Januari. “5 unit untuk paket 10 hari, sisanya harian juga sudah di booking sampai tahun depan,” jelasnya kepada KompasOtomotif, Kamis (26/12/2013). 

Hal serupa juga dikemukakan perusahaan penyedia jasa rental mobil terbesar di Indonesia, Toyota Rent a Car (TRAC). Peminat mobil kategori rental harian dikatakan mencapai 2.000 unit secara nasional untuk pemakaian di tenggang waktu bervariasi mulai 23 Desember hingga 10 Januari. Jumlah tersebut sudah termasuk unit ekstra 300 unit yang ditambahkan buat persiapan menjelang libur, namun lonjakan permintaan memang tetap tinggi.

“Tingginya pesanan memang tidak sebesar libur Lebaran yang biasanya diisi kegiatan mudik. Peminatnya hanya naik 30-50 persen saja dibanding hari biasa, mungkin banyak keluarga yang ke luar negeri,” jelas Kun Dwi Ananto, General Manager - General Transportation PT. Serasi Autoraya, pemegang brand TRAC. 

Soal harga bisa berbeda-beda, Hendrawan mengatakan tiap libur panjang, harganya dinaikan 50 ribu per hari buat unit MPV kecil, dari Rp 450.000 menjadi Rp 500.000 per hari. Sementara TRAC justru beri diskon. “Kalau per paket antara 5-7 hari kita biasanya kasih potongan harga 10-15 persen,” timpal Kun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com