Kondisi Fisik Jalan di Jawa Jelang Akhir Tahun

Kompas.com - 24/12/2013, 19:13 WIB
Kepadatan Arus Lalu Lintas Menjelang Pergantian Tahun - Kendaraan yang sebagian besar berplat nomor area luar kota Yogyakarta berjalan merayap di Jembatan Kleringan, Yogyakarta, saat hendak memasuki Jalan Malioboro, Minggu (30/12). Kepadatan arus lalu lintas terjadi di berbagai ruas jalan di Yogyakarta seiring terus meningkatnya jumlah wisatawan yang hendak merayakan pergantian tahun di Yogyakarta. Ferganata Indra RiatmokoKepadatan Arus Lalu Lintas Menjelang Pergantian Tahun - Kendaraan yang sebagian besar berplat nomor area luar kota Yogyakarta berjalan merayap di Jembatan Kleringan, Yogyakarta, saat hendak memasuki Jalan Malioboro, Minggu (30/12). Kepadatan arus lalu lintas terjadi di berbagai ruas jalan di Yogyakarta seiring terus meningkatnya jumlah wisatawan yang hendak merayakan pergantian tahun di Yogyakarta.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Jika Anda berniat melakukan perjalanan jauh di musim libur Natal dan Tahun Baru, tak perlu khawatir kondisi jalan rusak. Setelah dilakukan survei langsung, Korlantas Polri menyatakan ruas jalur luar kota di Pulau Jawa relatif baik.

Kasubbid Invidrek (Inventarisasi dan Rekayasa Lalu Lintas) Korlantas Polri AKPB Mansyur Slamet SH Msi menjelaskan kepada KompasOtomotif, Rabu (24/12/2013), bahwa sebagian besar kondisi fisik jalan tidak ada masalah berarti. ”Kami sudah melakukan survei dengan menyusuri langsung jalanan sejak 22 Oktober sampai 1 November,” katanya.

Dikatakan, kondisi tersebut bisa didapat karena jeda antara libur Natal dan Tahun Baru tidak jauh dengan libur Lebaran Agustus lalu. Ruas jalan hampir semua sudah diperbaiki karena mengejar musim mudik Lebaran, dan kondisi masih sangat baik untuk dipakai akhir tahun dan menyambut awal 2014.

Kendati demikian, Mansyur tetap memberi peringatan waspada, karena ada beberapa ruas yang masih dalam perbaikan dan proses pembangunan. ”Ada beberapa titik, rata-rata melakukan pembangunan jembatan dan flyover. Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, dan dijanjikan akhir Desember ini sudah selesai,” tegasnya.

Jembatan Pemali Brebes
Perhatian khusus pengguna jalan bisa diarahkan di pembangunan Jembatan Pemali, Brebes. Jembatan sepanjang 102,8 meter itu sedang diperbaiki sejak September dan masih dalam tahap pengerjaan. Untuk mengurangi dampak pekerjaan terhadap arus lalu lintas, Polres Brebes melakukan rekayasa lalu lintas.

Sebagai jalur alternatif jika kondisi tak memungkinkan, pengalihan arus kendaraan sedang/ringan bisa lewat Pertigaan Pejagan-Ketangguhan-Jalan Jatibarang-Kota Slawi-Pangkah-Kemantran-Pertigaan larangan sepanjang 80 km. Sementara untuk kendaraan berat harus melalui ruas Pertigaan Pejagan-Jembatan Pemali-Tegal dengan konsekuensi lalu lintas padat karena antrean.

Selatan Oke
Informasi tambahan, untuk para pelancong yang memanfaatkan jalur Selatan Pulau Jawa, dipastikan kondisi fisiknya baik. Meski masih ada beberapa lubang kecil, namun kerusakannya tidak krusial dan relatif aman dilalui. Sumatera? Dijelaskan jauh lebih baik ketimbang kondisi sebelum libur Lebaran Agustus silam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Tetap ada proyek pengerjaan perbaikan di beberapa titik, tapi tidak sebanyak di Pantura. Perbaikan pada intinya bersifat ringan karena usia,” beber Mansyur.

Berikut titik-titik pembangunan jembatan dan fly over di Pulau Jawa:
1. Jembatan Pemali, Brebes.
2. Jembatan Kalibanteng, Semarang.
3. Fly over Peterongan, Jombang.
4. Beberapa titik perbaikan di Pati.
5. Beberapa titik perbaikan di Tuban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.