Sepeda Motor China Jaring Konsumen di PRJ

Kompas.com - 07/06/2013, 09:04 WIB
Produsen sepeda motor Jialing ikut memeriahkan PRJ. Agung KurniawanProdusen sepeda motor Jialing ikut memeriahkan PRJ.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Beberapa produsen sepeda motor lokal dengan darah China ikut memeriahkan Pekan Raya Jakarta di Kemayoran yang dibuka kemarin (6/6/2013). Merek "lokal" ini berusaha menyaring konsumen yang selama ini kurang dierhatikan oleh produsen Jepang.

Dari pantauan KompasOtomotif dari lapangan, beberapa merek asl China itu antara lain Jialing, KTM APP dan Viar. Ketiganya menampilkan berbagai model mulai dari skutik, bebek sampai motor roda tiga dengan bak terbuka.

Keunggulannya, harga lebih terjangkau. Evomatic misalnya, skutik bermesin 125 cc ini  dibanderol Rp 8,55 juta on the road Jakarta. Berbeda jauh dengan skutik dengan segmen sama (125 cc) keluaran Honda atau Yamaha, dijual Rp 14 jutaan.

Ketiga merek tersebut bertahan hidup sejak pemerintah membuka keran impor sepeda motor pada 1999. Waktu itu, ratusan ribu importir berspekulasi mengimpor sepeda motor CBU dari China. Karena kualitas dan layanan purna jual tidak sesuai dengan harapan konsumen Indonesia, sebagian besar tutup.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X