Asuransi Astra Raup Laba Rp 753,8 Miliar

Kompas.com - 22/05/2013, 13:39 WIB
Henry Yoga (tengah) menyampaikan keuntungan perusahaan kepada wartawan Agung KurniawanHenry Yoga (tengah) menyampaikan keuntungan perusahaan kepada wartawan
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — PT Asuransi Astra Buana (AAB) berhasil mencatatkan laba bersih Rp 753,8 miliar di 2012, naik 6,1 persen dari 2011 pada angka Rp 710,4 miliar. Premi bruto perusahaan juga naik 14,1 persen menjadi Rp 3,1 tirliun dari Rp 2,7 triliun.

Hendry Yoga, Direktur AAB, mengatakan, pencapaian positif ini diakui sebagai prestasi mengingat kondisi pasar mobil yang sedikit kaget gara-gara kebijakan menaikkan uang pangkal kredit kendaraan bermotor, baik dari perbankan maupun lembaga pembiayaan.

Tahun lalu, jumlah kendaraan bermotor melalui Garda Oto mencapai Rp 1,899 triliun naik dari sebelumnya Rp 1,821 triliun. "Total konsumen kami dari kendaraan bermotor mencapai 5 juta orang," komentar Hendry di Jakarta Selatan, hari ini (22/5/2013). Dijelaskan, konsumen terbanyak berasal dari pengguna sepeda motor, disusul mobil, baru kemudian konsumen perusahaan.

"Kalau dari segi jumlah pasti, saya tidak bisa bicarakan. Yang pasti sepeda motor mencapai jutaan unit, mobil ratusan ribu, dan perusahaan ribuan saja," beber Hendry. Tahun ini, AAB berharap keputusan pemerintah menaikkan harga BBM tidak terlalu menekan pasar kendaraan bermotor. "Memang pasti akan ada pengaruhnya, tetapi tidak akan lama, hanya sekitar 3 bulan," tutup Hendry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.