Kabin Nissan Livina Dipenuhi 73 Monitor LCD

Kompas.com - 01/05/2013, 07:06 WIB
Tampang dari luar kelihatan tak beda jauh dengan model standar. donny aprilianandaTampang dari luar kelihatan tak beda jauh dengan model standar.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Sekilas, biasa saja! Sama dengan Nissan Livina umumnya. Namun begitu masuk ke kabin, Anda pasti berguman, "Wooww!" Rentetan monitor LCD dari berbagai ukuran dalam banyak dan ditempat pada posisi tidak lazim. Semuanya menyala jelas, tanpa gangguan.

Dasbor dipenuhi monitor empat inci. Di baliknya,  (menghadap kaca dan bisa dilihat dari luar), juga ada rentetan monitor. Semua pintu, atap penumpang depan, sandaran kepala, juga dipasangi monitor. Di bagasi dan tengah kabin, juga dengan dipasang monitor melalui breket.

Tujuan untuk apa? Itulah kalimat berikut yang muncul dari semua orang yang mengamati mobil ini. Eric Setio Prabowo, sang modifikator dari RX Audio, Denpasar, Bali dengan tegas menjawab, memecahkan rekor. ”Mobil ini kami siapkan untuk memenangi kategori Blockbuster (mobil dengan jumlah  monitor terbanyak) untuk beberapa kontes,” ujarnya kepada KompasOtomotif.

Eric juga mengatakan, mobil ini dalam proses untuk pemecahan rekor MURI dengan jumlah monitor terbanyak, tanpa gangguan, semua menyala. Saat ini, jumlah monitor yang sudah dipasang 73 unit! Paling banyak berukuran empat inci, diikuti layar tujuh dan sepuluh inci.

300 monitor
”Mungkin ada yang memasang banyak monitor di kabin mobil. Tetapi untuk menyala dengan dengan baik, tidak gampang. Nanti akan kami tambahkan jumlah monitornya hingga ratusan untuk rekor MURI,” sumbarnya.

Butuh satu bulan untuk memasang semua layar. Tantangan paling berat, menjaga kualitas gambar tetap jernih tanpa bintik-bintk. Proses instalasi  paling sulit, karena menurut Eric, semua monitor ini harus dihubungkan dengan tiga head unit agar bisa menampilkan gambar berbeda dalam waktu bersamaan.

Untuk menghasilkan gambar yang bagus, instalasi kabel dan pemasangan dudukan harus teliti.  ”Dikerjakan 18 jam sehari tanpa henti sampai satu bulan. Rumit!” tegas Eric.

Setelah itu, Eric hanya menambahkan ornamen bodi  di sekeliling mobil untuk membuatnya tampi lebih gaya. Di bagasi, selain dipenuhi monitor, ijuga ada speaker yang terpasang rapi.

”Jangan salah kira, mobil ini bukan cuma dipajang di kontes. Pemiliknya memakai sebagai kendaraan sehari-hari. Ia bekerja di dealer mobil dan membawanya untuk menarik orang," jelas Eric.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X