Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualifikasi Ditunda, Nico Tercepat Sesi I

Kompas.com - 16/03/2013, 15:00 WIB

Melbourne,KompasOtomotif - Kualifikasi Grand Prix F1 Australia tidak bisa berlangsung sampai tuntas, hari ini (16/3).Pasalnya, hujan deras terus turun sejak pagi hingga pukul 18.45 waktu setempat, sehingga hanya bisa melangsungkan sesi I di bawah curah hujan.

Pada sesi pertama ini dikuasai Nico Rosberg yang berhasil mengukir waktu terbaik 1:43,380 detik. Pebalap Mercedes ini tampil sebagai yang tercepat di menit terakhir mematahkan waktu Fernando Alonso 1:43,850 yang harus puas di urutan kedua.

Sedangkan Romain Grosjean yang begitu perkasa di lintasan basah saat latihan resmi terakhir (pagi) menduduki urutan ketiga. Pebalap Lotus itu kalah cepat 0,904 dari Rosberg dan dibelakangnya membayang debutan Mclaren Sergio Perez dari Meksiko yang sebelumnya sempat terpuruk di urutan ke-16.

Kualifikasi (Q) I : Hujan tunda 30 menit
Di luar dugaan, sesi kualifikasi disertai dengan turunnya hujan, sama seperti ketika berlangsung latihan resmi terakhir (3), tadi pagi. Bahkan cuaca yang mendung pekat membuat pandangan pebalap tidak bisa jauh, tentu ini sangat berpengaruh pada pengembangan kecepatan. Bahkan, direktur perlombaan menunda kualifikasi 10 menit.

Pebalap Lotus Romain Grosjean menjadi yang tercepat dalam latihan terakhir dengan waktu 1:26,929. Dan hanya pebalap perancis yang yang mengukir 1:26, lainnya 1:27. Mampukah Ia mengulangnya dalam kualifikasi ini?

Sesuai jadwal, sesi kualifikasi dimulai pukul 17.30 waktu setempat dengan duo Mercedes sudah di mulut pintu pit, diikuti pebalap lain, termasuk sebastian Vettel membuat lintasan dipenuhi mobil balap. Akibatnya, percikan air daro roda mobil telah mengganggu pandangan pebalap.

Baru mengambil catatan waktu pertama dengan hasil yang kurang baik 1:50, Hamilton melintir dan bagian belakangnya membentur dinding pembatas, tapi masih bisa jalan. Sebelumnya, rookie Van Der Garde (Caterham) menyeruduk dinding pembatas.

Korban trek licin menimpa Felipe Massa. Di salah satu tikungan patah, mobil mengganggsing lalu bagian depan menghajar dinding pembatas membuat sayap depan hancur. Pebalap tuan rumah Webber sempat ke luar lintasan, beruntung masih bisa masuk lintasan.

Jelang lima menit terakhir, posisi tercepat direbut silih berganti mulai dari Rosberg, kemudian diambil Vettel, direbut Button, dan akhirnya kembali dimiliki Rosberg dengan 1:43,380.

Q II : Dilanjutkan besok

Kualifikasi ini kembali ditunda 30 menit akibat turun hujan cukup deras. Petugas lapangan sibuk membersihkan serpihan dari mobil Sauber yang dikemudikan Guiterrez yang menghajar dinding pembatas dengan keras di akhir kualifikasi I. Para pebalap yang berada di dalam kokpit langsung ke luar dan menanggalkan helm.

Direktue perlombaan Charlie Whiting tidak yakin 100 persen kalau sisa dua kalifikasi lagi bisa kelar sampai pukul 18.30. Jika tidak akan dilanjutkan besok pagi.

Namun, begitu mobil medis mengitari sirkuit, panitia kembali menunda start menjadi pukul 18.50, karena curah hujan masih turun, meski tidak lebat. Panitia, akhirnya memutuskan sesi kualifikasi II dan III dilanjutkan besok pagi
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com