Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Diesel Berteknologi Baru dari Mitsubishi

Kompas.com - 15/04/2011, 14:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan mesin diesel baru DI-D Hi-Power berkapasitas 2.5 Liter DOHC 16-valve Cammon Rail Direct Injection yang menggunakan Teknologi Variabel Geometri (VGT). Nantinya, jantung pacu ini akan menjadi andalan buat Pajero Sport yang baru.

Apa kelebihan dari mesin baru dengan VGT itu? Meski kapasitas masih sama, tapi tenaga maksimumnya yang semula 136 PS, setelah dengan VGT meningkat jadi 176 PS. Hebatnya, mesin ini mampu memberikan tenaga maksimum di setiap rentang putaran mesin (RPM).

"Kami akan gunakan mesin baru ini secepatnya dan sekarang ini untuk model sport utility vehicle (SUV) dan baru menyusul kemudian model- model lainnya," ujar Rizwan Alamsjah Direktur Pemasaran KTB di Kantor Pusat KTB, Pulo Mas, Jakarta Timur, hari ini (15/4).

Sayang, Rizwan masih belum mau menjelaskan lebih lanjut kapan dan model lain yang disiapkan. Tapi, satu hal yang dipastikan KTB, mesin ini akan menjadi pilihan baru. Artinya, kemungkinan besar Mitsubishi Indonesia akan memakainya pada Pajero Sport yang kabarnya diluncurkan tahun ini.

Saat ditanya kemungkinan diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Juni 2011, Rizwan menjawab, "Insya Allah, coming soon pokoknya."

Bagaimana kerja VGT? Pada RPM rendah sampai menengah, sirip-sirip di dalam VGT secara otomatis bergerak menutup sehingga lorong gas buang menyempit, menyebabkan putaran turbin lebih cepat.

Beda dengan turbo non VGT. Volume gas buang sedikit bergerak ke dalam lorong lebar sehingga kecepatan udara menurun dan membuat putaran turbin berkurang. Ujungnya, turbo kurang maksimal.

Ketika pada putaran tinggi, volume gas buang akan padat sehingga sirip-sirip VGT bergerak membesar dan mengurangi tekanan balik gas buang dan menjaga kecepatan turbin. Artinya, dengan basis mesin yang sama tenaga yang dihasilkan lebih besar, kontrol emisi baik, pembakaran lebih bersih dan suara mesin lebih halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com