Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Batasi Usia Kendaraan

Kompas.com - 12/04/2011, 16:04 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Bagi pemilik sepeda motor dan mobil di Perancis, siap-siap menengok tahun produksi kendaraannya. Pasalnya, seperti dilansir ukfrancebikers, Senin (11/4/2011), Menteri Ekologi Perancis Nathalie Kosciusko-Morizet mengusulkan mengenai batasan usia kendaraan yang boleh masuk ke delapan kota, yakni Paris, Bordeaux, Nice, Lyon, Grenoble, Clermont-Ferrand, Aix-en-Provence, dan Saint-Denis.

Dalam usalan Nathalie, sepeda motor di bawah produksi 1 Juli 2004 dan mobil di bawah tahun produksi 1997 dilarang masuk ke delapan kota tersebut. Peraturan ini mulai berlaku pada 2012.

Memang proposal ini belum disetujui sepenuhnya oleh Pemerintah Perancis. Namun jika efektif diterapkan, maka minimal 1,6 juta sepeda motor terancam menjadi barang rongsokan tahun depan. Bagi yang melanggar, maka Natalie mengusulkan adanya denda berupa uang dan kemungkinan penyitaan dengan paksa di tempat.

Usulan ini tentu menuai protes keras dari Federasi Bikers Marah Perancis (The Fédération Française des Motards en Colère atau FFMC) yang mulai melakukan demonstrasi menolak rencana tersebut. Mereka mengancam akan melakukan aksi massa yang bisa melumpuhkan aktivitas kota pada jam kerja.

"Sepeda motor tak cuma sudah memenuhi regulasi Euro3 yang ditetapkan 2003, tetapi juga turut mengurangi emisi gas buang di seluruh Perancis karena hanya menyumbang 0,23 persen dari total karbondioksida yang dihasilkan," ujar FFMC.

Indonesia, khususnya Jakarta, boleh juga menerapkan usulan Nathalie ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com