Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Pasang Fitur "Start-Stop" di Semua Modelnya

Kompas.com - 27/12/2010, 16:53 WIB

DEARBORN, KOMPAS.com — Ford Motor Company (FMC) baru mematenkan teknologi Auto Start-Stop mesin yang biasa digunakan pada mobil bergenre "hijau" dan listrik murni. Peranti ini akan dijadikan fitur standar pada kendaraan konvensional yang diklaim bisa menghemat konsumsi bensin sampai 10 persen dan mengurangi gas buang dalam kondisi mobil mengantre atau berhenti.

Cara kerjanya hampir sama seperti mobil hibrida. Ketika dihadang oleh kemacetan atau berhenti beberapa detik, mesin langsung mati, tanpa mengganggu aksesori lain (radio, tape, AC) tetap beroperasi. Ketika harus jalan, tinggal tekan pedal gas, maka mesin menyala dan mobil berjalan kembali.

"Bagi pengemudi, fitur ini menawarkan bahan bakar ekstra tanpa mengurangi kenyamanan karena bekerja otomatis. Sama seperti mobil hibrida, jadi sistem penghangat, dan air conditioner tetap bekerja seperti biasa dan tak mengorbankan kenyamanan berkendara," ujar Barb Samardzich, Ford Vice President of Powertrain Engineering FMI, dalam rilis resminya, Minggu (26/12/2010).

Ford terus berupaya menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang lebih ekonomis. Teknologi ini diaplikasikan, baik pada mesin bensin maupun diesel terbaru, seperti Ford Ka dan Mondeo, juga Focus terbaru, C-Max, dan Gran C-Max yang sudah kompatibel. Ford akan memasarkannya di Amerika Utara mulai 2012, selanjutnya diratakan ke semua jaringan di dunia.

Sebelum mulai dipasarkan, fitur ini akan dipamerkan di North America Auto Show (NAAS), awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com