Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR 250R Berani Rem Dekat

Kompas.com - 01/11/2010, 13:25 WIB

BIRA, KOMPAS.COM - Selain menyaksikan langsung peluncurannya, Kompas.com juga mendapat kesempatan menjajal langsung Honda CBR 250R yang digelar di sirkuit Bira yang lokasinya 195 km dari Bangkok atau 30 km dari Pattaya. Setiap media diberi kesempatan 15 menit untuk mengitasi sirkuit berjarak 2,4 km yang memiliki 8 tikungan itu.

Dalam waktu yang singkat itu, tiga poin utama yang ingin dirasakan dari model sepeda motor sport ini. Pertama, seperti apa kenyamanan, pengendalian, dan manuver dari CBR 250R yang katanya dikembangkan untuk pengendara di dunia, mulai dari yang pemula sampai berpengalaman.

Kedua, seperti apa tenaga mesin yang berkapasitas 249 cc. Terakhir, penasaran seperti apa kehebatan teknologi rem ABS yang diklaim pertama di dunia dipakai pada motor berkapasitas seperempat liter ini.

Saat duduk di atas sadel, sosok CBR 250R ketika dipandang dari atas tampak seperti motor 400 atau 600 cc. Ini mungkin pengaruh dari desain fairing yang besar dipadu model instrumen panel yang kecil dan terletak di tengah. Desain indikatornya pun simpel, berupa takometer analog dengan penunjuk kecepatan berupa digital cukup besar di bagian tengah bawah.

Kerangka Diamond Untuk mengenal kondisi lintasan, kami dituntun oleh instruktur mengitari lintasan dua lap. Di sini saya merasakan, desain sadel yang terpisah dapat dengan lincah memindahkan bokong saat manuver di tikungan, baik ke kiri maupun ke kanan. Bahkan badan tidak terasa cepat capai meski sudah melahap lebih lima lap.

Boleh jadi, ini didukung oleh desain setang (model) jepit yang gripnya tidak membuat badan membungkuk. Bahkan ketika motor disengaja menabrak "kerb" di tikungan "S" ringan dengan sudut kemiringan 75 derajat, goncangan hampir tidak terasa. Padahal, saat itu kecepatan 80 km/jam.

Mungkin ini karena rancangan kerangka model "diamond" dari pipa baja yang dipadu dengan suspensi Pro-Link. Desain ini diklaim dapat meredam kondisi permukaan jalan.

Nekad karena ABS Setelah mengitari dua lap, rombongan saya harus berhenti di garis start, kemudian dilepas bebas satu per satu. Di sini saya menjajal tenaga 249 cc DOHC 4-Tak, 4- katup silinder tunggal yang dilengkapi sistem pendingin cairan. Sekaligus menguji sistem penghenti laju yang memakai kombinasi CBS (Combined Brake System) dan ABS (Anti-lock Brake System) yang diklaim pertama di dunia untuk motor 250 cc.

Lantunan suara khas Honda ketika grip gas dibetot masih terdengar. Kala melakukan akselerasi tiap gigi, untuk persneling satu dengan putaran mesin maksimal 10.500 rpm, kecepatan maksimum hanya sampai 31 km/jam, mungkin pemakaian gigi rasio yang 3.333, sedang gigi 2 dicapai 52 km/jam dan gigi 3  87 km/jam.

Sedang kecepatan maksimum dicapai 151 km/jam. Itu pun dengan trik, ke luar tikungan kedua terakhir langsung tancap gas. Sebetulnya, kecepatan maksimum sesungguhnya 146 km saat di trek lurus. Namun ada jalan menurun jelang tikungan terakhir gas masih terus dibetot.

Kompas.com coba melakukan pengereman jarak dekat (50 meter). Ternyata, rem ABS sangat membantu dan motor tidak goyang saat tuas rem depan ditarik yang secara bersamaan dibantu rem belakang. Padahal, tikungan pertama itu cukup sulit.

Asyiknya, trek mempunyai jalanan menanjak dan menurun. Hanya, gigi 4 tidak secepat 3, barangkali ini sudah masuk untuk kepentingan turing. Tapi, secara keseluruhan, terutama untuk menuver sangat nyaman dan berani melakukan "panic braking" karena ABSnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com