Inilah Perubahan yang Dilakukan Toyota pada New Vios

Kompas.com - 31/03/2010, 19:27 WIB
Editorzbj

JAKARTA, KOMPAS.com — New Vios atau Vios Facelift sudah siap menyambangi konsumennya di Indonesia. Yah... minggu depan!

Di tempat asal mobil ini dirakit, Thailand, Vios wajah baru ini telah diperkenalkan pada 9 Maret lalu. Sekarang sedang dipamerkan di Bangkok International Motor Show (BITEC) yang berlangsung sampai 6 April mendatang. Di negara itu, harga termurahnya 514.000 bath atau sekitar Rp 150 juta.

Media elektronik sudah memublikasikan foto-foto sedan subkompak ini, termasuk yang diambil dari brosur Vios yang dipasarkan di Thailand. Di negara Gajah Putih itu disebut juga Vios 2010-2011.

Melihat wajah barunya, beberapa pengamat menilai penampilan Vios makin oke dan gaya. Perubahan memang tidak banyak dilakukan di eksterior maupun interior. Kendati demikian, perubahan gril dinilai cukup memberi kesan mewah dan sporty.

Gril baru model empat garis kini diberi lapisan krom dan memberi kesan sporty dan mewah, dan tetap disertai dengan lampu kabut.

Kaca spion samping masih tetap dilengkapi dengan lampu sein. Namun, penampilan Vios baru lebih menarik dengan desain pelek baru 15 inci dan menggunakan ban 185/60R15. Lantas belakang, kendati desainnya tidak mengalami perubahan, tetapi posisi warna mika lampu berubah. Bagian putih kini menjadi merah dan sebaliknya. Juga ada strip bagasi berlapiskan krom.

Desain kabin dengan perlengkapannya tidak mengalami perubahan, kecuali setir. Perubahan hanya pada warna konsol atau dashboard tengah tempat audio dan kontrol AC dipasang. Bagian ini kini tampil dengan kombinasi warna lebih gelap (di tengah) dan silver di bagian luarnya. Cukup memberi kesan wah!

Tongkat transmisi kini dilapisi dengan kulit dengan tombol audio yang lebih banyak dan perubahannya cukup berarti. Sedangkan multi-information display (MID) yang berada di tengah menginformasikan jarak tempuh total, konsumsi bahan bakar, dan kecepatan rata-rata. Juga ada koneksi AUX untuk MP3 player dan iPod ke sistem entertainment  mobil ini.

Mesin tetap mengandalkan 1NZ-FE 1427 cc, dengan teknologi DOHC 16-katup, VVT-i. Karena itu pula, kemampuan menghasilkan tenaga dan torsi tidak berubah, yaitu 80 kW (109 PS) @6.000 rpm dan 141 Nm @4.200 rpm. Perlengkapan standar keamanan aktif adalah ABS, EBD.

Saat ini Vios ditawarkan dengan 3 varian dengan harga mulai dari Rp 206.400.000 sampai Rp 232.200.000.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X