Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Racing Vespa Marak Lagi

Kompas.com - 13/11/2009, 09:59 WIB
Editor

KOMPAS.com — Vespa pakai knalpot racing bukan hal baru. Tren ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Hanya, dulu vespa mengandalkan produk lokal, seperti merek Sito Racing dan Zipenk Racing. Nah, kini pemakaiannya marak lagi. Ada yang menggunakan produk impor, ada pula yang lokal, seperti terdapat di komunitas Vespa Campur Sari (VCS) yang suka mangkal di Circle K di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan.

Knalpot racing bisa diaplikasikan ke semua tipe Vespa, mulai dari produksi lawas, seperti Super, Sprint, PX, hingga New PX. "Baik yang PTS maupu Vespa Special sudah banyak pakai knalpot racing," bilang M Fadli, pebalap motor yang tergabung dalam komunitas VCS.

Saat ini, pilihan jenis knalpot racing lokal tidak terlalu banyak. Umumnya masih mengandalkan buatan Zipenk Racing. Sementara itu, yang buatan luar, pilihannya justru banyak. Mulai dari Malossi, Proma, Polini, hingga Pinasco. Semuanya berasal dari negeri asal Vespa, Italia.

Bedanya dengan buatan lokal, suara knalpot impor ini lebih lembut. Demikian menurut Leo, pemilik Vespa New PX. Materialnya pun, kalau lokal, pakai pelat lebih tipis dan sambungan antarpelat masih kasar. Selain itu, pemasangan knalpot racing perlu penyetelan ulang pada mesin agar memberikan performa maksimal.

Ada juga knalpot bikinan Thailand, dan tanpa label. Cirinya, moncong knalpot keluar dari kiri dan pelatnya sudah dikrom. Soal harga, knalpot ini cukup tinggi. Untuk yang impor, seperti Pinasco, knalpot tersebut dibanderol Rp 3,5 juta. Sementara itu, produk lokal memiliki harga antara Rp 150.000 dan Rp 250.000. (Belo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.