Ini Motor Sport Baru Yamaha, Byson

Kompas.com - 16/09/2009, 08:48 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Isu soal keinginan Yamaha melepas produk barunya, Byson, ke pasar akhirnya terkuak. General Manager Marketing and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi membocorkannya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (15/9).

"Sekarang kami masih uji coba Byson. Jadi, kalaupun dilepas ke pasar, mungkin baru tahun depan," ungkap Bambang.

Produk terbaru Yamaha ini mengusung mesin karburator berkapasitas 153 cc. Tampilannya mirip Yamaha FZ16. Sebelumnya, Byson diluncurkan pada September ini di India oleh Yamaha Motor Pvt Ltd India.

Lampu depan telanjang, plus desain knalpot ala moge. Paduan lekukan pada bodi dan sasis mempertegas status Byson sebagai motor sport yang macho.

Jika dilepas, Byson akan bertarung di segmen sport menengah dengan beberapa rival, yakni Honda Mega Pro dan Suzuki Thunder. Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), meski komposisi penjualan motor sport terkecil di pasar motor nasional, tetapi pertumbuhannya tetap positif.

Per Agustus 2009, total penjualan wholesales motor sport di Indonesia mencapai 320.650 unit atau 8,6 persen dari total pasar. Dan tebak, siapa yang memimpin di segmen ini? Ya, Yamaha. Merek ini masih memimpin dengan pangsa pasar 43,9 persen (140.899 unit) dengan model unggulan V-ixion dan Scorpio Z.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.