Tata Motors Launching Nano, Mobil Termurah di Dunia

Kompas.com - 23/03/2009, 13:38 WIB
Editor

MUMBAI, KOMPAS.com — Tata Motors me-launching mobil termurahnya di dunia, Nano, yang dilakukan di Mumbai, Senin (23/3). Kehadiran si kecil ini diharapkan bisa mengubah perjalanan jutaan orang India dan mendongkrak  penjualan mobil yang sedang lesu akibat krisis ekonomi global.

City car itu dihargai 100.000 rupees (2.000 dollar AS) tanpa dilengkapi AC, power window, ataupun power steering. Bermesin dua silinder, 4-speed bertransmisi manual, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 105 km/jam.

Ratan Tata, bos TM, yang membuka selubung mobil dalam acara yang begitu meriah, berharap, Nano bisa mengangkat masyarakat pemakai motor dan menjadi kendaraan andalan. “Saya telah mengamati satu keluarga naik vespa. Ayahnya jadi pengendara, sementara anaknya berdiri di depannya dan istri duduk di belakang sambil menggendong anak kecil,” sebut Tata ketika memperkenalkan protipe Nano tahun lalu.

Untuk tahun pertamanya, Tata menargetkan produksinya sebanyak 30.000 sampai 50.000 unit lantaran kapasitas produksinya terbatas. Seorang analis otomotif Indonesia kepada kantor berita AFP menyebutkan kalau nantinya, target produksi mobil ini bisa berkembang menjadi 250.000 unit setahun.

Ganesh Khand (38) yang sehari-hari mengendarai sepeda motor sebagai transportasi andalan mengungkapkan, kehadiran Nano diharapkan bisa jadi angkutan berkelas bagi istri dan kedua anak perempuannya. Sementara itu, Hasmukh Kakadia (39), seorang analisis Mumbai, menyebut Nano sebagai kendaraan value-for-money.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.