Ducati Perkenalkan Desmosedici GP9 untuk Stoner dan Hayden

Kompas.com - 15/01/2009, 18:03 WIB
Editor

ITALIA, KAMIS — Tim balap MotoGP Ducati memperkenalkan motor balapnya, Ducati GP9, yang akan diturunkan di rangkaian kejuaraan dunia 2009. Sekalian juga formasi pembalapnya, terdiri dari Casey Stoner dari Australia, dan Nicky Hayden asal Amerika.

Ducati menjelaskan bahwa Desmosedici GP9 ini ditungganginya lebih friendly dan tenaga tambah dahsyat dibanding dua mesin kompetisi lalu. "Pokoknya motor balap terbaru ini tidak menghilangkan ciri khas Ducati yang begitu cepat di jalur lurus," tegas Ducati Corse CEO Claudio Domenicalli.

Satu dari sekian banyak perubahan, kata Claudio, yang dianggap sebagai evolusi pada GP9 terdapat pada sistem manajemen mesin. Itu sama sekali baru merupakan kombinasi airbox dan mapping yang menghasilkan tenaga hebat di tikungan.

Inovasi yang dapat dicatat dari GP9 ini, sasisnya menggunakan bahan serat karbon. Pengujiannya sudah dilakukan musim panas tahun lalu oleh tester tim Vittoriano Guareschi.

"Ini suatu perubahan yang telah kami pikirkan dan melalui tahap pengujian yang lama. Terutama sekali bersama Vittoriano yang selalu menjadi orang pertama yang memberi masukan kepada kami," papar Domenicalli yang membanggakan GP9. Dia (Vittoriano) pula, lanjut Domenicalli, yang menyetujui penggunaan sistem baru pada motor.

Intinya, Domenicalli ingin Ducati tahun ini menggondol gelar juara dunia, baik kategori pembalap, maupun konstruktor. Dari sektor pembalap, tahun ini tim dari Italia ini semakin kuat dibanding 2008. Kedua-duanya sama-sama mantan juara dunia MotoGP. Jika Stoner meraihnya pada 2007, Hayden menyandangnya pada 2006 bersama Honda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.