Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Kejadian Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Lembang

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @infobandungkota, terlihat sejumlah mobil yang alami ringsek usai tertimpa pohon besar di area parkir tempat wisata Farmhouse Lembang.

Tampak satu mobil hatchback berwarna kuning hingga gepeng karena pohon tepat menimpa badan mobil. Sementara delapan mobil lainnya juga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dugaan sementara, pohon tumbang karena akarnya sudah lapuk sehingga tak bisa menahan beban karena pohonnya tinggi menjulang. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Kejadian sekitar pukul 10.00 WIB. Total ada sembilan mobil, yang rusak berat ada empat. Tak ada korban jiwa," kata Kapolsek Lembang, Kompol Hadi Mulyana, dikutip dari Kompas.com, Senin (28/10/2024).

Belajar dari kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pemilik lahan parkir sebaiknya memperhitungkan kemungkinan terburuk dari tumbangnya pohon.

Selain itu menurut Sony, tidak selamanya mobil parkir atau berhenti itu aman, jadi jangan gunakan kabin kendaraan untuk istirahat.

“Cari tempat istirahat yang benar-benar aman dan kokoh seperti bangunan yang jauh dari kemungkinan tumbangnya pohon,” kata Sony.

Sony juga menambahkan, idealnya tempat parkir memang memiliki penutup dengan material yang kuat, sehingga bisa meminimalisir rubuhnya atap tersebut.

“Idealnya tempat parkir itu memang berpenutup, tetapi juga harus dilihat penutupnya seperti apa? Material apa? Kuat atau tidak? Kemungkinan rubuh bagaimana? Ini yang harus diperhatikan bagi customer maupun pemilik lahan,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/28/134100115/belajar-dari-kejadian-mobil-tertimpa-pohon-tumbang-di-lembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke