Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Penunjang Kenyamanan Touring Jarak Jauh dengan Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Touring dengan sepeda motor membutuhkan persiapan yang matang, termasuk pemilihan aksesori yang tepat untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Beberapa aksesori tambahan pada motor tidak hanya membuat touring lebih mudah, tetapi juga membantu pengendara dalam membawa perlengkapan dengan lebih aman dan praktis.

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati, salah satu aksesori yang sangat direkomendasikan untuk touring adalah top box atau side box.

"Dengan menggunakan boks, perlengkapan yang kita bawa bisa lebih aman, seperti alat-alat tambahan, kunci darurat, dan barang-barang lainnya," ujar Agus kepada Kompas.com, Jumat (18/10/2024).

Boks ini tidak hanya memudahkan membawa barang, tetapi juga menjaga keamanan barang selama perjalanan.

Selain boks, dudukkan ponsel juga penting untuk mempermudah pengendara membaca peta perjalanan. Namun, Agus mengingatkan pentingnya memilih aksesori yang berkualitas dan memperhitungkan kekuatan serta keamanannya.

"Yang terpenting adalah jangan menambah aksesori yang justru membahayakan di jalan, seperti box yang terlalu besar atau braket tambahan yang kurang kuat," kata Agus.

Penggunaan aksesori yang tidak sesuai atau berlebihan bisa membahayakan pengendara, terutama saat berkendara dalam jarak jauh.

Pemilihan dan pemasangan aksesori harus dilakukan dengan bijak agar touring tetap nyaman dan aman. Hal yang tak kalah penting juga adalah memastikan kondisi fisik pengendara dan motor dalam keadaan prima sebelum memulai perjalanan panjang.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/19/112200115/pilihan-penunjang-kenyamanan-touring-jarak-jauh-dengan-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke