Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AHM Tularkan Teknologi Motor Listrik ke SMK Binaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengenalkan teknologi sepeda motor listrik, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan edukasi kepada puluhan SMK binaan Astra Honda untuk mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul di dunia pendidikan.

Total, sebanyak 2.523 siswa SMK mengikuti program Astra Honda Berbagi Ilmu (AHBI), yang merupakan langkah baru memberikan edukasi dengan komprehensif dan menyenangkan melalui materi teknologi motor listrik.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, AHBI merupakan program untuk meningkatkan kualitas kompetensi siswa menjadi SDM unggul di bidang vokasi, berbekal pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi otomotif roda dua.

Kegiatan ini menjadi salah satu terobosan dalam mewujudkan link & match, antara dunia industri dengan dunia pendidikan.

"Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi dengan aktif membagikan materi seputar perkembangan teknologi sepeda motor listrik terkini untuk siswa secara cepat, tepat, dan komprehensif," kata Muhib dalam keterangan resminya, Jumat (18/10/2024).

Para peserta mendapatkan berbagai pengetahuan yang diberikan instruktur tersertifikasi sebagai guru tamu industri. Pada proses transfer pengetahuan ini, peserta secara langsung berkesempatan mempelajari lebih mendalam teknologi motor listrik dengan alat peraga Honda EM1 e:.

Dari mempelajari fitur, komponen dan fungsi, cara kerja, sampai soal perawatan motor listrik. Kegiatan digelar dengan interaktif dalam sesi ruang kelas yang juga sekaligus mengajak para siswa merasakan pengalaman berkendara menggunakan motor listrik Honda.

SMK Negeri 1 Depok merupakan satu dari 12 sekolah di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang dikunjungi AHM dalam program AHBI sepanjang Mei hingga Oktober 2024. Sekolah lainnya adalah SMK IPTEK Jakarta, SMKN 8 Kab. Tangerang, SMK Bina Mandiri Bekasi, SMK Rosma Karawang, SMKN 3 Kota Tangsel, SMKN 34 Jakarta, SMK Jaya Buana Tangerang, SMKN 1 Karawang, SMK Mitra Industri MM2100, SMK Taman Siswa 2 Jakarta, dan SMKN 1 Plered Purwakarta.

Sebagai upaya mendukung terciptanya SDM berkualitas yang siap masuk ke dunia kerja, AHM juga mengembangkan infrastruktur pendukung kalibrasi kompetensi. Para siswa SMK mitra binaan AHM di wilayah Jawa Timur, memiliki 2 fasilitas baru Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dibuka di SMKN 1 Jatirejo Kab. Jombang dan SMKN 2 Kraksaan Kab. Probolinggo.

Hingga saat ini, terdapat 112 SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki TUK standar industri Astra Honda di seluruh Indonesia. Sebanyak 15.377 siswa tercatat telah melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersertifikasi setara Technical Training Level (TTL) 1 atau diakui sebagai mekanik dasar Astra Honda.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/143100515/ahm-tularkan-teknologi-motor-listrik-ke-smk-binaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke