Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Tahun di Indonesia, Seberapa Banyak Populasi Daihatsu Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir di Indonesia sejak 2004, Daihatsu Xenia yang mengisi segmen low multi purpose vehicle (LMPV), telah menjadi salah satu pilihan mobil keluarga.

Selama 20 tahun kehadirannya di Indonesia, Daihatsu mengeklaim Xenia telah mendapat kepercayaan lebih dari 730.000 pelanggan.

Masih menawarkan kapasitas 7 penumpang serta kabin yang lapang, Xenia saat ini juga telah bertransformasi melalui kehadiran generasi terbaru yang meluncur pada 2011 lalu.

Perubahan total dilakukan, baik dari desain, mesin, penggerak roda, sampai transmisi yang saat ini sudah mengusung Continuously Variable Transmission (CVT).

Dengan adanya dua pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc NR-VE Dual VVT-i, Daihatsu Xenia memiliki pilihan tipe yang lebih beragam dibandingkan kompetitornya. Secara harga juga lebih bervariasi sehingga pelanggan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Bahkan pada ajang GIIAS 2024 lalu, Daihatsu juga mengenalkan varian baru melalui Xenia ADS yang tampil lebih sporty dan jadi varian satu-satunya yang memiliki two tone color khusus untuk pilihan warna putih, dengan atap bodi berwarna hitam, serta black outer mirror.

Tak hanya itu, Xenia ADS juga datang dengan tambahan Aero Kit beraksen gun metal, body kit under guard, serta chrome garnish pada bagian bumper depan dan belakang yang membuat visualnya lebih sporty dan elegan.

Masuk ke kabin, Xenia menawarkan fitur sofa mode untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang Ketika melakukan perjalanan panjang. Keberadaan double blower juga menambah kenyamanan penumpang hingga baris ketiga.

Pada varian tertinggi, fitur yang dihadirkan lebih lengkap lagi. Untuk pertama kaliya Daihatsu juga melengkapi teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada Xenia yang diberi nama Advanced Safety Assist (A.S.A).

Teknologi A.S.A bekerja menggunakan sensor pada stereo kamera kaca depan yang mendeteksi objek di depan mobil, dan memberikan peringatan bagi pengemudi.

Ada enam fitur yang dimiliki teknologi tersebut, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Selain piranti keselamatan seperti Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Daihatsu juga melengkapi Xenia dengan kameran 360 around view monitor di beberapa varian.

Bicara soal harga, Daihatsu Xenia saat ini dipasarkan dari Rp 227,65 juta sampai Rp 281,65 juta. Banderol tersebut berlaku untuk on the road (OTR) Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/113100415/20-tahun-di-indonesia-seberapa-banyak-populasi-daihatsu-xenia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke