Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Peran Gardan pada Setiap Mobil

KLATEN, KOMPAS.com - Gardan atau diferensial merupakan komponen pemindah daya dari transmisi menuju poros penggerak roda mobil.

Tak hanya sebagai penerus putaran, gardan juga berperan membagi rasio putaran roda penggerak kanan dan kiri.

Pada dasarnya, putaran roda kanan dan kiri tak selalu sama. Pada kondisi tertentu putaran keduanya harus dibedakan agar kendaraan dapat melaju dengan nyaman dan tidak merusak komponen.

Hardi Wibowo, pemilik bengkel mobil Aha Motor Yogyakarta mengatakan putaran roda penggerak mobil kanan dan kiri bisa berbeda pada kondisi tertentu.

“Saat mobil berbelok ke kanan, maka roda kiri harus berputar lebih banyak daripada yang kanan, berlaku sebaliknya, saat salah satu sisi roda melintas cekungan atau cembungan juga butuh berputar lebih banyak,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (15/10/2024).

Hardi mengatakan, ketika putaran roda kanan dan kiri tidak bisa berbeda. Maka akan timbul tegangan atau gaya puntir berlebih sehingga laju mobil menjadi tidak nyaman.

“Permukaan ban bisa saja cepat aus, karena mendapatkan gaya puntir berlebihan, seharusnya kan tidak perlu, belum lagi getaran yang ditimbulkannya,” ucap Hardi.

Dengan adanya gardan, menurut Hardi, laju mobil menjadi lebih nyaman karena masing-masing roda bisa berputar sesuai dengan porsinya.

“Setiap mobil membutuhkan komponen gardan, tidak hanya yang pakai sistem penggerak roda belakang dengan posisi mesin di depan, hanya saja ada gardan yang tergabung pada rumah transmisi,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, gardan yang tergabung dalam rumah transmisi ada pada mobil dengan sistem penggerak roda depan dan posisi mesin di depan, baik manual atau matik.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/16/134200715/ketahui-peran-gardan-pada-setiap-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke