Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Reset, Remap, dan Flash ECU Motor

DEPOK, KOMPAS.com - Modifikasi pada bagian ECU motor punya tujuan untuk memaksimalkan performa motor. Biasanya ada istilah reset, flash, dan remap ketika mau memodifikasi, tapi apa saja bedanya?

Anggi Yohanda, Tuner ECU Cotomoto.id di Depok, Jawa Barat, menjelaskan, ketiga istilah tersebut punya arti yang berbeda saat modifikasi ECU. Pertama buat reset, itu menghilangkan history atau sampah yang ada di ECU.

"Setiap memori, ada sisa data. Seperti Yamaha, kalau matikan mesin pakai standar samping, lampu check engine menyala, itu dia simpan sampah, bisa dihapus dengan reset," kata Anggi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian kalau flash, artinya adalah proses memasukkan data, baik data (mapping) standar, atau sudah ubahan. Sedangkan remap, artinya memetakan ulang program yang ada di ECU motor, sesuai dengan keinginan.

Jadi ketika mau memasukkan mapping baru, itu namanya proses flash atau flashing. Kemudian motor yang sudah remap, bisa saja direset ketika motor sudah terasa kurang enak dikendarai, nanti balik lagi ke setelan remap yang sudah ada.

"Data mapping ECU standar itu cuma satu. Jadi kalau sudah remap dan reset, dia kembali ke data mapping yang sudah dibuat," kata Anggi.

Tapi bisa juga dengan melakukan flash data ECU standar, maka motor kembali ke setelan pabrik. Jadi sekarang sudah tahu perbedaan reset, flash, dan remap ECU motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/16/110200915/perbedaan-reset-remap-dan-flash-ecu-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke