Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Akan Pakai Mesin V4 Musim Depan, tapi dengan Syarat

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha sedang membangun motor baru dengan konstruksi mesin V4. Mesin tersebut akan digunakan pada musim depan, tapi dengan syarat.

Direktur Teknis Yamaha Massimo Bartolini, mengatakan, jika motor baru dengan mesin V4 sudah selesai dibangun, barulah perbandingan bisa dilakukan antara mesin inline-4 dengan V4. Selanjutnya, jika mesin V4 memiliki kelebihan, maka Yamaha baru akan mempertimbangkannya untuk balapan.

"Peraturan akan memungkinkan kami untuk beralih dari konsep inline-4 ke konsep V4 selama musim berjalan, tetapi penggunaan V4 baru harus dipersiapkan dengan sempurna. Tidak ada ruang untuk kembali," ujar Bartolini, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (15/10/2024).

Bartolini menambahkan, Yamaha akhirnya membuat mesin V4 bukan karena menyerah dengan mesin inline-4. Mesin V4 juga dikembangkan bukan karena performanya.

"Justru sebaliknya, dari bekerja dengan kantor teknik perancang (Luca) Marmorini, kami tahu betul keunggulan mesin inline-4. Masih banyak potensi dalam mesin ini," kata Bartolini.

"Tapi, tujuannya berbeda. Pada akhirnya, kami harus menyadari bahwa sebagai satu-satunya pabrikan dengan mesin inline-4, Anda tidak memiliki referensi. Hal ini berlaku untuk area sasis, tetapi ban juga berperan. Semuanya saling berkaitan," ujarnya.

Bartolini menegaskan, saat ini Yamaha belum bisa mengatakan konstruksi mesin mana yang lebih unggul. Sebab, motor MotoGP Yamaha dengan mesin V4 saat ini belum ada wujudnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/15/184100815/yamaha-akan-pakai-mesin-v4-musim-depan-tapi-dengan-syarat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke