Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mercedes-Benz Indonesia Bakal Luncurkan G-Class Listrik Tahun Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz termasuk pabrikan yang rajin melengkapi jajaran model mobil listriknya di Indonesia. Untuk tahun depan, pabrikan asal Jerman ini sudah merencanakan juga untuk meluncurkan G-Class listrik alias G580.

Mercedes-Benz yang dipegang penjualannya oleh PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia saat ini sudah memiliki enam model mobil listrik. Keenam model tersebut adalah EQA, EQB, EQE Saloon, EQE SUV, EQS Saloon, dan EQS SUV.

Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, mengatakan, jika semuanya sesuai dengan rencana, maka G580 akan diluncurkan tahun depan.

"Bulannya kapan, kita sedang finalisasi, tapi rencana kita sih harusnya tahun depan sudah siap buat diperkenalkan di sini," ujar Kariyanto, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Secara desain, G580 masih memiliki banyak kemiripan dengan G-Class lainnya yang bermesin konvensional. SUV listrik ini memiliki tenaga dan torsi yang luar biasa. Tenaganya mencapai 579 Tk dan torsi 1.164 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut didapat dari empat motor listrik pada masing-masing rodanya. Dengan keempat motor listrik itu juga membuat G580 memiliki kemampuan off road yang mumpuni.

Keempat motor listriknya ditenagai oleh baterai berkapasitas 116 kWh. Sayangnya, belum disebutkan berapa jarak tempuh yang dapat dicapai dengan baterai tersebut.

Kemampuan akselerasinya juga luar biasa, tidak jauh berbeda dengan Mercedes-AMG G63. Untuk 0-96,5 kilometer per jam, dapat dicapai dalam 4,6 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim bisa tembus 180 kilometer per jam.

Namun, fitur yang paling menarik adalah G-Turn. Fitur ini membuat mobil memiliki kemampuan untuk berputar di tempat dengan menyalakan keempat roda. Kemudian, ada G-Steering, di mana terdapat vektor torsi off-road untuk mengencangkan lingkaran belokan, dan kontrol jelajah off-road yang disebut 'intelligent off-road crawl'.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/15/164200315/mercedes-benz-indonesia-bakal-luncurkan-g-class-listrik-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke