Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Oknum Ojol Mengamuk Saat Ditegur karena Lawan Arah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang pengendara ojek online (ojol) yang marah kepada pengemudi mobil setelah ditegur karena melawan arah.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Jakarta Keras, kejadian bermula ketika mobil menegur dengan cara mencegat motor ojol dan meminta putar balik karena melawan arah dekat tikungan.

Pengendara ojol tidak terima dengan tindakan pengemudi mobil tersebut. Pengendara ojol kemudian mengejar mobil itu, dan terjadi percekcokan antara keduanya.

"Tindakan perlawanan ini merupakan pelajaran buruk bagi masyarakat. Jika pelanggaran menjadi budaya, itu akan menjadi pelecehan dan kemunduran bagi Indonesia," ujar Jusri kepada Kompas.com, Senin (14/10/2024).

"Orang bisa belajar dari kesalahan, tapi ini sudah pada tingkat yang berbeda. Perilaku salah yang terus menerus dilakukan akan menimbulkan stigma negatif," tambahnya.

Jusri juga menyoroti kurangnya rasa malu di kalangan pelanggar lalu-lintas saat ini.

"Kita melihat perilaku yang salah ini seakan-akan menjadi budaya. Pelanggaran ini tidak hanya terjadi di lalu lintas, tetapi juga di semua aspek kehidupan, seperti ketika seorang guru memarahi murid tapi dilawan, atau praktik korupsi," katanya.

Menurut Jusri, saat ini pelanggaran lalu lintas sering dilakukan secara beramai-ramai, membuat orang yang tadinya tidak ingin melanggar jadi ikut terlibat.

"Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan secara massal ini menjadi pembelajaran yang buruk bagi anak-anak, di mana yang salah dianggap benar dan yang benar menjadi salah," ujarnya.

Meski begitu, Jusri juga menyoroti cara menegur para pelanggar lalu-lintas di jalan. Meski mobil tersebut benar tapi cara menegur yang kurang sesuai juga dinilai kurang bijak.

"Salah dan benar bukan urusan kita, itu urusan polisi dan hakim. Sebaiknya bila kita melihat seseorang melakukan kesalahan, lebih baik kita menghindar. Dalam kasus ini, pengemudi mobil berusaha memberi pelajaran, tapi ojolnya tidak terima," kata Jusri.

"Jadi, bila kita melihat pelanggaran, catat dan viralkan, jangan langsung menghakimi. Tindakan seperti itu malah berbahaya, karena bisa memicu konflik," tutupnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/154100415/video-viral-oknum-ojol-mengamuk-saat-ditegur-karena-lawan-arah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke