Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dipakai Jokowi-Prabowo, Begini Spek Kendaraan Taktis Pindad Maung

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan taktis Pindad Maung makin terkenal akhir-akhir ini. Paling baru, jip all terrain assault vehicle (ATAV) buatan BUMN dalam negeri PT Pindad ini dipakai Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto saat berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi Prabowo menerima penghormatan dari pasukan jajar kehormatan.

Setelah itu, keduanya menaiki dan bersanding di atas all terrain assault vehicle (ATAV) Pindad Maung 4x4 buatan BUMN dalam negeri PT Pindad sambil memeriksa pasukan.

Untuk diketahui, sejak pertama kali diperkenalkan pada 2020, Maung awalnya dipakai kalangan militer. Ketika itu, rantis tersebut dibekali mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota yang digunakan pada Hilux.

Pada 2021 Pindad, memperkenalkan Maung versi sipil dalam bentuk purwarupa bernama MV2 4x4. Konsepnya mirip seperti versi militer, tetapi tidak dibekali dengan senjata dan punya fitur seperti mobil penumpang pada umumnya.

Setahun berselang, PT Pindad mengenalkan generasi baru Maung di ajang Indo Defence Expo & Forum di JIExpo, November 2022. Saat itu nama produk ini adalah MV Cruiser.

Secara desain bentuk generasi ketiga Pindad Maung lebih modern, tidak kaku seperti model yang pertama kali diperkenalkan. Bagian depannya mirip Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco.

Kemudian di bagian samping, menggunakan pintu model setengah (urban tactical). Bagian atapnya ada dua versi yaitu versi bolong, hard top, dan juga soft top.

Untuk bagian belakang, lampu kombinasi yang digunakan seperti yang dipasang pada Jeep Wrangler Rubicon terbaru. Selain itu, ada ban serep besar bertengger di pintu bagasi.

Kemudian di bagian interior, tampak dasbor yang serupa dengan Isuzu Mu-X, bahkan sampai ke konsol tengah.

Secara dimensi, mobil ini memiliki profil dimensi panjang 4.835 mm, lebar 2.000 mm, serta tinggi: 1.890 mm. Sedangkan berat kosong sekitar 2.510 Kg.

Sementara itu, suspensi depan pakai independent coil spring, dan belakang rigid coil spring. Adapun jantung pacu mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 Tk.

Kendaraan ini diklaim dapat melaju di kecepatan aman 100 Kpj dan memiliki jarak tempuh hingga 500 Km.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/150100115/dipakai-jokowi-prabowo-begini-spek-kendaraan-taktis-pindad-maung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke