Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Toyota bZ4X yang Dijadikan Kendaraan Tamu Negara di Acara Pelantikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia kembali ikut berpartisipasi dalam acara kenegaraan. Kini, perusahaan mendelegasikan puluhan mobil listrik bZ4X untuk jadi kendaraan para tamu negara dalam pelantikan pemerintahan baru.

Kendaraan ramah lingkungan tersebut terparkir di area Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan bersama jajaran Mercedes-Benz S450 yang dijaga oleh petugas.

Kepada Kompas.com, salah satu petugas menyebut kendaraan yang diparkir itu akan digunakan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru periode 2024-2029 yang dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang.

bZ4X sendiri bukan pertama kali dijadikan kendaraan tamu negara atau delegasi di Indonesia. Kendaraan sudah beberapa kali dipercaya membawa orang penting seperti pada acara KTT G20 Bali sampai Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN lalu.

Kendaraan ini merupakan mobil listrik pertama yang dipasarkan Toyota di Indonesia sebagai komitmen mereka dalam mendukung netralitas karbon. Tapi, bZ4X masih berstatus CBU alias diimpor utuh dari Jepang.

Toyota bZ4X memiliki desain crossover kompak yang modern dan aerodinamis. Ditambah dengan siluet yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi aerodinamis.

Kabin mobil dilengkapi dengan teknologi canggih dan fitur-fitur terbaru dari Toyota. Termasuk sistem infotainment yang terintegrasi dengan layar sentuh dan berbagai fitur keselamatan.

Mobil listrik ini dibekali motor AC synchronous electric generator, yang membuat bZ4X bisa menghasilkan output maksimum 150 kW dan torsi maksimum 266,3 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik.

Baterainya menggunakan Lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Tersemat juga teknologi Regenerative Braking with Boost Mode memberikan kontrol performa yang responsif.

Baterai ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Untuk pengisian dari 10 persen hingga 80 persen diklaim hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Soal harga, bZ4X ditawarkan dalam dua varian, yakni One Tone Color yang dibanderol Rp 1.190.000.000, dan Two Tone Color Rp 1.198.000.000. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/113100115/spesifikasi-toyota-bz4x-yang-dijadikan-kendaraan-tamu-negara-di-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke