Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Mobil Bisa Overheat meski Lampu Indikator Tidak Menyala

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dilengkapi lampu indikator yang akan menyala, bila ditemukan malfungsi saat mobil dioperasikan. Termasuk ketika terjadi overheating atau panas berlebih pada mesin.

Namun, beberapa kasus overheating terjadi sebelum lampu indikator menyala. Sehingga, banyak konsumen tak menyadari telah terjadi masalah pada mobilnya.

Imun, Pemilik Bengkel Spesialis Ford Trucuk, Klaten, mengatakan lampu indikator overheating pada mobil ditentukan oleh sistem pada electronic control module (ECU).

“Sistem membutuhkan angka hasil pembacaan sensor engine coolant temperatur (ECT), bila angkanya sudah mencapai titik tertentu (120 derajat celcius untuk Ford), maka lampu indikator baru menyala,” ucap Imun kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2024).

Padahal, menurut Imun, mesin mobil sudah bisa dikatakan overheating bila suhunya sudah di atas nilai rata-rata mobil tersebut, meski lampu indikator belum menyala.

“Batas angka suhu tiap mobil berbeda-beda, kondisi AC hidup atau mati juga berbeda, bila AC hidup maka suhu cenderung lebih rendah, ini tidak boleh disamakan,” ucap Imun.

Imun mengatakan, kerusakan yang disebabkan oleh panas berlebih sebelum lampu indikator menyala bisa sampai turun mesin.

“Minimal top-OH (turun mesin bagian atasnya saja), kepala silinder dibongkar, diukur kelengkungannya, bila diluar spek harus diratakan, setelah itu dipasang dengan diganti packingnya,” ucap Imun.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan mesin bisa mengalami panas berlebih sebelum lampu indikator menyala.

“Untuk mobil Nissan, lampu indikator menyala di angka 114 derajat celcius, tapi ada kondisi overheating sebelum angka tersebut tercapai,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Maka dari itu, menurut Hardi, ada konsumen yang bingung kenapa kepala silindernya melengkung padahal tidak pernah terjadi overheating.

“Kondisi ini memang bisa dibilang gejala permulaan overheating, bila diamati ada gelembung udara di reservoir air radiator, atau cepat habis,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, ketika dilakukan pembongkaran dan diukur kelengkungan kepala silinder menggunakan mistar baja. Mobil tersebut memang sudah mengalami kerusakan.

“Lampu indikator memang belum menyala, karena suhunya memang belum sampai, tapi pada kondisi tertentu, ketika beban mesin lebih berat, maka potensi indikator menyala sangat tinggi,” ucap Hardi.

Jadi, konsumen perlu waspada terhadap kondisi mobil yang mengalami overheating padahal lampu indikatornya belum menyala 

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/09/101200115/mesin-mobil-bisa-overheat-meski-lampu-indikator-tidak-menyala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke