Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mazda Vantrend Jadi Station Wagon Murah, Harga mulai Rp 10 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren mobil station wagon atau estate belakangan ini kembali ramai. Segmen mobil yang awalnya sepi peminat, kini makin banyak digandrungi lantaran memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kebanyakan mobil di jalan.

Hal ini tentu saja membuat harga mobil bekasnya di pasar melonjak. Misalnya saja untuk BMW E30 Station Wagon yang harga bekasnya bisa mencapai Rp 1 miliar.

Meski demikian, ada salah satu mobil station wagon yang cukup terjangkau, yakni Mazda Vantrend. Misalnya seperti Mazda Vantrend milik pria bernama Ricky yang dibeli dengan harga Rp 30 juta.

“Flashback dulu, ini Vantrend kedua yang saya. Sebelumnya, tahun 2023 April itu saya beli pertama kali di Bandung, itu saya ga punya referensi sama sekali mengenai Vantrend itu kayak apa rasanya, perawatannya gimana, pokoknya saya bukan model orang yang mengulik gitu, saya cuma melihat ini wagon” kata Ricky, kepada Kompas.com, Jumat (4/10/2024).

Ricky mengaku hanya menggunakan mobil tersebut selama tiga bulan, karena satu dan lain hal akhirnya ia menjual Vantrend pertama yang dibeli olehnya itu.

“Setelah dipakai kok mobil ini enak ya. Singkat cerita saya akhirnya jual mobil ini di bulan Juli, cuma pakai tiga bulan. Kemudian Desember kemarin ada rezeki lagi, lihat-lihat ada Vantrend bagus ini. Makanya saya beli, karena penasaran mobil ini,” lanjut pria yang memiliki hobi dibidang otomotif ini.

Mobil Vantrend kedua Ricky dibeli di Malang, dengan harga Rp 30 juta. Banderol tersebut memang cukup mahal untuk harga bekas Vantrend. Namun, Ricky mengaku mobil Vantrend kedua yang dibeli olehnya masih dalam kondisi baik.

“Waktu saya beli kondisinya standar, tetapi sangat baik karena mobilnya emang dijaga yang hobi. Mobil-mobil yang mungkin dibilang koleksi juga enggak tapi dirawatnya dengan sangat baik,” kata Ricky.

Ricky menyebut, Mazda Vantrend menjadi mobil wagon yang layak untuk dibeli, mengingat harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, perawatan Mazda Vantrend juga tidak sulit, masih banyak parts yang tersedia di bengkel-bengkel umum.

“Kalau untuk urusan mesin, urusan kaki-kaki Itu sama kayak kita ngerawat mobil pada masa itu ya merawat Kijang, merawat DX sama itu gampang, relatif gampang dan semua bengkel saya rasa sih bisa,” kata Ricky.

Berdasarkan penelusuran tim redaksi Kompas.com, berikut kisaran harga mobil bekas Vantrend di pasar mobil bekas online:

-Mazda Vantrend 1993 1.4 Bensin MT Rp 25 juta
-Mazda Vantrend 1994 1.4 Bensin MT Rp 15 juta
-Mazda Vantrend 1994 1.4 Bensin MT Rp 18 juta
-Mazda Vantrend 1997 1.5 Bensin MT Rp 30 juta

Namun perlu diingat, meski tahun pembuatan sama kisaran harga memang bisa jauh berbeda, tergantung kondisi motor dan kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/04/141200615/mazda-vantrend-jadi-station-wagon-murah-harga-mulai-rp-10-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke