Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kandang Soluna, Bengkel Spesialis Perawatan dan Restorasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedan lawas masih digemari para pecinta otomotif, termasuk dengan Toyota Soluna. Bagi yang ingin mulai atau mencoba memelihara Soluna, salah satu bengkel yang direkomendasikan adalah Kandang Soluna.

Bengkel ini sudah berdiri selama lebih dari satu dekade. Pendirinya adalah Dedi Wahyudi, yang ternyata memiliki latar belakang bekas karyawan Blue Bird.

"Saya dari 1998 di Blue Bird, lalu 2013 saya resign. Sebenarnya, bengkel ini dari sejak saya di Blue Bird sudah ada," ujar Dedy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dedi mengatakan, bengkelnya bermula di rumahnya yang lama. Namun, tempatnya cukup terbatas, karena hanya bisa menampung lima mobil. Sekarang, Kandang Soluna berada di kawasan Jatiasih, Bekasi.

"Dulu, basic sih memang Soluna, karena kan armada di Blue Bird tuh. Sebenarnya saya terima Vios juga, dulu itu namanya Kandang Soluna Vios. Tapi, kepanjangan menyebutnya, jadinya (Kandang) Soluna saja," kata Dedi.

"Waktu dulu saya di pelelangan Blue Bird. Kalau sudah 5-6 tahun kan dilelang mobil. Saya di bagian divisi lelangnya," ujarnya.

Dedi menambahkan, berdirinya Kandang Soluna sebenarnya berawal dari dirinya yang sempat bekerja di divisi lelang bekas taksi Blue Bird. Akhirnya, ada orang yang minta untuk datang ke rumahnya hanya untuk servis.

"Blue Bird sambingan saya sebenarnya. Iya, kan kebanyakan orderan luar, kan mobil lelangan ke saya. Tapi, akhirnya karena sudah overload, dulu saya yang nyamperin, sekarang orang yang ke saya," kata Dedi.

Dedi mengatakan, bengkel spesialis Soluna ini melayani banyak hal, mulai dari perawatan kaki-kaki, tune up, perbaikan bodi dan cat, ganti transmisi, hingga restorasi. Soal biaya, menurutnya, Soluna sangat terjangkau, karena ketersediaan suku cadangnya juga masih banyak di pasar.

Bagi pemilik Soluna yang ingin melakukan perawatan atau ingin diskusi soal Soluna, bisa langsung hubungi Dedi melalui akun Instagram @kandangsoluna. Jika ingin langsung datang ke bengkel, bisa menuju ke Jl. Bagol No. 127, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/04/134100315/kandang-soluna-bengkel-spesialis-perawatan-dan-restorasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke