Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha dan Caterham Kerja Sama Bikin Jantung Pacu Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan kemitraannya dalam pengembangan mobil sport listrik kupe, yang disebut sebagai 'Project V'.

Proyek kerja sama ini dipimpin oleh Caterham EVo Limited, anak perusahaan VT Holdings Co., Ltd. yang berbasis di Inggris (berkantor pusat di Nagoya, Prefektur Aichi).

Dalam keterangan resminya, Rabu (3/10/2024), pengembangan jantung pacu mobil listrik dilakukan tidak hanya untuk riset dan pengembangan, kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan proyek menuju produksi massal dan komersialisasi.

Project V adalah proyek pengembangan untuk mobil sport listrik kupe yang mewarisi DNA Caterham, yang memprioritaskan kesenangan berkendara dengan prinsip ringan, sederhana, dan menyenangkan untuk dikendarai.

Caterham awalnya meluncurkan mobil konsep untuk Project V di Goodwood Festival of Speed di Inggris pada Juli 2023 dan kemudian di Tokyo Auto Salon pada Januari 2024. Proyek mobil sport listrik kupe ditargetkan selesai sekitar pertengahan 2025.

Yamaha Motor secara independen mengembangkan e-axle, komponen kunci dari powertrain listrik, dan akan memasok model uji coba untuk prototipe.

Pada sistem kendali gerak kendaraan, Yamaha juga akan menyediakan teknologi dan keahlian, yang bertujuan untuk mewujudkan "Caterham Powered by Yamaha Motor."

Untuk diketahui, Yamaha Motor sudah masuk dalam pengembangan powertrain listrik kecil yang ringan dan canggih. Salah satunya seperti keterlibatan perusahaan dalam Kejuaraan Dunia Formula E belakangan ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/04/124200015/yamaha-dan-caterham-kerja-sama-bikin-jantung-pacu-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke