Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

United Mengaku Rebut 20 Persen Pangsa Pasar Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Terang Dunia Internusa (United) mengungkapkan bahwa penjualan motor listrik mengalami lonjakan semenjak pemerintah mengeluarkan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk 1 NIK KTP.

Penjualan United E-Motor pun diakui mayoritas berasal dari motor listrik subsidi, di mana terdapat empat model motor listrik yang berhak mendapat insentif pemerintah. Keempatnya adalah United MX1200, T1800, TX1800, dan TX3000.

“(Konsumen) pasti subsidi, kalau enggak ada subsisi pasti langsung (turun penjualan). Ya 100 persen hampir (subsidi motor listrik),” ujar Direktur PT Terang Dunia Internusa (United) Andrew Mulyadi di Tangerang Selatan, Jumat (27/9/2024).

Menurut Andrew, selisih harga sampai Rp 7 juta membuat mayoritas konsumen pilih skema pembelian lewat subsidi, yang menggunakan situs Sisapira.

Untuk diketahui, Sisapira telah mencatat penyaluran motor listrik subsidi yang diterima masyarakat sebanyak 60.837 unit pada 2024.

“Kalau di market saja, yang benar-benar industri dalam negeri kan United, Polytron. Ada (20 persen market share), kemaren saya lihat dua puluh berapa ya? Yang paling gede Polytron.

Artinya, dari jumlah total 60.837 unit motor listrik yang terjual, secara hitung-hitungan jumlah motor listrik United berada di kisaran 12.000 unit.

Dengan ketatnya persaingan motor listrik yang mencapai 50-an merek dari dalam dan luar negeri, United pun optimistis bisa merebut pasar Indonesia.

“Kami masih percaya diri, brand kami sudah terkenal. Boleh dibilang orang sudah paham lah United. orang sudah tahu pabriknya di Indonesia, buatan Indonesia,” ucap Andrew.

“Kami perusahaan sudah 30 tahun, dari 1991 sampai sekarang. Enggak mungkin kami tutup, cabut gitu saja kalau enggak laku. Kami akan berkelanjutan terus,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/30/102200315/united-mengaku-rebut-20-persen-pangsa-pasar-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke