Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Area Blind Spot Bisa Terpantau Lebih Baik berkat Fitur Ini

KLATEN, KOMPAS.com - Titik buta atau blind spot merupakan area di sekitar mobil yang luput dari pantauan pengemudi, baik melalui kaca spion maupun jendela.

Blind spot menjadi faktor risiko kecelakaan lalu lintas cukup tinggi, terutama pada mobil besar saat melakukan manuver seperti berbelok, berpindah lajur, atau mulai melaju.

Luas area blind spot berbeda-beda setiap mobil, tergantung model dan jenisnya. Makin besar kendaraan, makin luas area blind spot-nya, seperti bus, truk, dan mobil boks, memiliki titik buta lebih luas dari mobil penumpang.

Riza, Sales Executive Nissan Mlati Yogyakarta mengatakan, area blind spot pada mobil dapat diantisipasi dengan fitur kamera 360.

“Intelligent around view monitor pada Serena e-Power dapat mendeteksi objek di sekitar area mobil, ketika radar mendeteksi pergerakan, secara otomatis kamera 360 akan aktif, tersaji pada head unit,” ucap Riza kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2024).

Riza mengatakan, tidak semua kamera 360 pada mobil akan aktif secara otomatis ketika ada obyek yang mendekat, melainkan hanya ketika kendaraan mundur.

“Padahal, kebutuhan pengemudi memantau area blind spot setiap saat selama dalam perjalanan untuk mengurangi risiko kecelakaan,” ucap Riza.

Beberapa area blind spot, menurut Riza, ada pada bagian depan kendaraan, area yang tertutup pilar, dan bagian belakang kendaraan.

“Semua area di sekitar mobil menjadi terpantau berkat adanya fitur around view monitor, ditambah adanya pemberitahuan area mana yang sedang berdekatan dengan obyek lain, akan mempermudah pengemudi,” ucap Riza.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/27/161200415/area-blind-spot-bisa-terpantau-lebih-baik-berkat-fitur-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke