Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Castrol Turut Memperkenalkan Livery Spesial LCR Honda di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - LCR Honda mempersiapkan sesuatu yang spesial khusus untuk para penggemar MotoGP di Indonesia. Tim satelit Honda ini akan menggunakan livery spesial. Peluncurannya turut dihadiri oleh salah satu sponsor utamanya, yaitu Castrol.

Castrol Honda LCR MotoGP Team bersama Castrol Indonesia menghadirkan livery spesial buatan talenta Indonesia yang akan digunakan pada motor Johann Zarco saat MotoGP Indonesia 2024. Livery ini dilahirkan dari program kontes digital Gaspol Castrol Livery Contest yang diadakan bulan Juli 2024 lalu.

Desain yang terpilih bertema “Dewa Samudra Membelah Angin” karya Widhiarko Guruh Saputro, pemenang Gaspol Castrol Livery Contest. Program ini melibatkan lebih dari 140 desainer yang turut andil dalam membuat karya livery motor Johann Zarco.

Livery spesial karya Widhiarko menggambarkan elemen Dewa Batara Baruna dengan makna sang penguasa samudera yang bergerak kencang secepat angin yang juga dibalut dengan aksen tenun songket khas Nusa Tenggara.

“Merupakan suatu kehormatan memiliki livery yang mewakili kreativitas bertema ‘Go Indonesia’ dan budaya Indonesia di motor saya untuk Indonesia GP. Sangat menyenangkan melihat energi dan bakat yang dibawa oleh para desainer muda ini ditampilkan di depan seluruh dunia dalam ajang MotoGP,” ujar Zarco.

Presiden Direktur Castrol Indonesia Enjelita Jahja, mengatakan, tahun ini pihaknya kembali memperlihatkan keseriusan Castrol Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada para konsumen dengan menghadirkan spesifikasi tertinggi, yakni API SP dan API SN untuk rangkaian produk oli motor.

"Kami bekerja sama dengan Aprilia Racing MotoGP Team, dan juga dengan rangkaian kegiatan keberlanjutan kampanye bertema Go Indonesia bersama Castrol Honda LCR MotoGP Team yang menyasar pada dunia pendidikan serta talenta muda Indonesia.” ujar Enjelita, dalam keterangan resminya.

Hal positif senada disampaikan oleh Dr. Rrs. Yohan, M.Si., perwakilan dari Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Artiotedjo, yang melihat kehadiran produk upgrade berikut rangkaian kegiatan Castrol MotoGP Go Indonesia sebagai sebuah inovasi yang patut diapresiasi.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Castrol Indonesia dengan menghadirkan rangkaian produk terbaik serta kegiatan yang memberikan ruang bagi pemuda Indonesia dengan talentanya merupakan sebuah inovasi yang patut di apresiasi," ujar Yohan.

"Harapannya kegiatan yang telah dilakukan oleh Castrol dapat memberikan stimuli positif agar pemuda-pemudi lain di Indonesia dapat terus menggali serta mengembangkan keahlian mereka. Selamat kepada para pemenang,” kata Yohan.

Castrol juga telah bekerjasama dengan tim balap Aprilia Racing MotoGP Team sebagai technical partner sejak tahun 2022. Kerjasama ini diwujudkan salah satunya untuk dapat menguji performa oli Castrol di kondisi ekstrem seperti ajang balap MotoGP.

“Oli Castrol dengan performa tinggi telah meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keandalan motor kami dari musim ke musim, terutama dalam kondisi menantang yang kami hadapi di lintasan. Kami telah melihat perbedaan yang signifikan dalam performa mesin, yang memungkinkan kami untuk mendorong lebih keras di setiap balapan” ujar Maverick Viñales.

Aleix Espargaró juga sepakat dengan pendapat rekan setimnya tersebut. Untuk diketahui, pebalap paling senior di MotoGP ini akan pensiun pada akhir musim.

“Kami telah melihat peningkatan yang nyata dalam responsivitas mesin secara keseluruhan, akselerasi dan manajemen suhu yang lebih baik, yang memungkinkan kami untuk lebih fokus pada balapan dan meminimalisir masalah teknis,” kata Aleix.

Castrol Indonesia bekerja sama dengan Castrol Honda LCR MotoGP Team dalam sebuah rangkaian kegiatan bertema Go Indonesia yang merupakan apresiasi terhadap keahlian dan karya talenta muda melalui program Castrol No. 1 Future Mechanic Contest.

Kompetisi tersebut bertujuan memberikan wadah bagi talenta muda yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Otomotif se-Jabodetabek untuk meningkatkan keahlian dan pengalaman.

Castrol Indonesia akan memberangkatkan Adnan Malik Yusuf dan Abdul Hanafi, 2 (dua) siswa dari Sekolah Menengah Kejujuran 4 (SMKN 4) Jakarta, pemenang Castrol No. 1 Future Mechanic Contest, untuk turut andil menjadi bagian dari Castrol Honda LCR MotoGP Team. Keduanya akan mendapatkan pembelajaran ekstensif dari para mekanik dan tim teknis Castrol Honda LCR MotoGP Team langsung di Mandalika pada akhir pekan ini.

Kontes yang diadakan bulan Agustus 2024 lalu telah diikuti oleh 70 SMK teknik otomotif dan sebanyak lebih dari 600 siswa-siswi SMK di Jabodetabek. Bagi Lucio Cecchinello, Team Principal Castrol Honda LCR MotoGP Team, inisiatif ini akan membuka peluang bagi talenta Indonesia untuk meningkatkan keahlian, berinovasi dan meningkatkan kualitas keterampilan menjadi mekanik andal di kemudian hari.

Dito Ariotedjo, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengapresiasi inisatif yang dilakukan Castrol Indonesia bersama Castrol Honda LCR MotoGP Team.

“Program-program yang diadakan Castrol ini tidak hanya mendorong inovasi dan kreativitas, tetapi juga berkontribusi secara signifikan pada pendidikan dan pengembangan generasi muda kita. Pengalaman seperti ini memberikan mereka paparan di panggung dunia namun juga membina ambisi mereka,” ujar Dito.

Sebagai bentuk apresiasi Castrol Indonesia terhadap loyal consumer, Castrol Indonesia juga mengajak Setijanto, asal Sragen, yang berhasil memenangkan hadiah utama kompetisi digital Gaspol Castrol Mandalika, yaitu pengalaman No. 1 di Mandalika bersama Castrol. Kegiatan ini berhasil mengundang lebih dari 1.500 partisipan.

“Para pemenang rangkaian kegiatan MotoGP di Mandalika bersama Castrol akan menerima pengalaman No.1 tak terlupakan, fasilitas nonton di hospitality VIP Deluxe, tiket pesawat, hotel, transportasi, yang semua ditanggung Castrol, hingga datang ke tiga paddock tim balap yang disponsori Castrol, yaitu Castrol Honda LCR MotoGP Team, Aprilia Racing MotoGP Team hingga Trackhouse Racing MotoGP Team,” ujar Augustnine Adrianto, Direktur Pemasaran Castrol Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/25/200100915/castrol-turut-memperkenalkan-livery-spesial-lcr-honda-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke