Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Dibuka Fungsional

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak dibuka secara fungsional pada Selasa (24/9/2024).

Seperti diketahui, Tol Bocimi seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sempat ditutup akibat mengalami longsor pada 2 April 2024.

Usai diperbaiki selama lima bulan lebih, Tol Bocimi resmi dibuka kembali secara fungsional. Semua jenis kendaraan roda empat atau lebih saat ini dipastikan sudah bisa melintas.

“Kami telah menerima laporan mengenai penanganan longsor dari TJT, dan setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Ditjen Bina Marga dan BPJT serta telah diterbitkan rekomendasi dari Ditjen Bina Marga maka Ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi II dapat mulai dioperasikan tanpa tarif pada 24 September 2024,” ucap Miftachul Munir, Kepala BPJT, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (25/9/2024).

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Selanjutnya Seksi 2 Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 km juga telah resmi beroperasi sejak Agustus 2023 lalu.

Untuk Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km saat ini sedang dalam konstruksi dengan progres 11,56 persen dan Seksi 4 Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km yang saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Kehadiran Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki peran penting mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju ke Sukabumi serta mengurangi kemacetan pada jalan nasional Bogor - Sukabumi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/25/130100015/tol-bocimi-ruas-cigombong-cibadak-dibuka-fungsional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke