Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Estimasi Ongkos Perbaikan Rack Steer Tipe EPS pada Avanza

KLATEN, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi kedua yang diluncurkan akhir 2011 sampai saat ini, sudah menggunakan rack steer tipe electronic power steering (EPS). Tak lagi mengandalkan fluida, mobil ini punya motor khusus untuk memperingan putaran roda kemudi.

Seiring pemakaian, komponen rack steer bakal mengalami penurunan performa, ditandai dengan munculnya bunyi tak nyaman saat mobil melewati jalan jelek.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan bunyi ketukan di area bawah kemudi menandakan ada komponen yang sudah aus karena pemakaian.

“Beberapa di antaranya disebabkan oleh keausan poros rack yang bersinggungan dengan gigi pinion, selaku pengubah gaya putar menjadi gaya dorong ke kanan dan kiri pada roda depan mobil,” ucap Muchlis, Sabtu (21/9/2024).

Muchlis mengatakan, pertautan poros rack dan pinion secara berulang ketika roda kemudi berputar akan menyebabkan kausan, sehingga lama-lama celahnya semakin besar.

“Celah tersebut yang menyebabkan munculnya bunyi ketukan saat mobil melaju di jalan jelek, dari permukaan jalan tak rata, roda akan meneruskan getaran sampai ke bagian rack steer, solusinya bisa disetel bila belum parah,” ucap Muchlis.

Selain bagian poros rack aus, Muchlis mengatakan, ada bagian bushing selaku pemegang poros rack sekaligus sebagai peredam.

“Bahan bushing ini lebih empuk, bisa berupa paduan karet dan plastik, atau sejenis PVC, seiring pemakaian bushing ini akan pipih sehingga tak mampu memegang poros dengan sempurna, akibatnya oblak,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan, bushing rack steer yang sudah jelek bisa diganti dengan onderdil aftermarket. Cara ini bisa menjadi alternatif, daripada menggantinya satu set rack steer assy.

“Pada kondisi tertentu, dengan berbagai pertimbangan, perbaikan bunyi pada rack steer sebaiknya dilakukan secara menyeluruh dengan mengganti satu gelondong, ada pilihan pakai genuine part atau aftermarket,” ucap Muchlis.

Berikut ini daftar estimasi ongkos perbaikan rack steer pada Avanza tipe EPS dari berbagai bengkel spesialis, sudah termasuk part dan jasa:

  • Setel rack steer, Rp 120.000 - Rp 200.000
  • Ganti bushing rack steer, Rp 500.000 - Rp 600.000
  • Ganti rack steer assy aftermarket, Rp 1.500.000 - Rp 2.500.000
  • Ganti rack steer assy Toyota genuine part, Rp Rp 3.800.000 - Rp 4.000.000

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/22/112100715/estimasi-ongkos-perbaikan-rack-steer-tipe-eps-pada-avanza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke