Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Klarifikasi Honda Soal Video Spion CR-V Hybrid Meleleh | Teknik Perpindahan Gigi Mobil Manual supaya Mulus

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, video viral beredar di media sosial yang memperlihatkan spion Honda CR-V e:HEV alias CR-V Hybrid meleleh. PT Honda Prospect Motor (HPM) pun langsung menanggapinya.

Video tersebut awalnya diunggah oleh akun TikTok @buyung123yb, Kamis (19/9/2024). Pada video, terlihat bagian spion dan grille meleleh saat mobil diparkir di luar ruangan.

Selain itu, perpindahan gigi transmisi pada mobil manual merupakan proses penting dalam menjaga kinerja optimal kendaraan.

Pada mobil manual, perpindahan gigi yang tepat memerlukan keseimbangan antara torsi dan kecepatan.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 21 September 2024:

1. Klarifikasi Honda Soal Video Spion CR-V Hybrid Meleleh

"Wah, ini mobil baru beli kok bisa kayak begini, mobil hybrid lho. Saudaraku semua, ada yang mengalami kayak begini apa enggak mobilnya?" ujar perekam video tersebut, dikutip dari videonya.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, dalam kondisi normal, kerusakan seperti di dalam video tersebut tidak mungkin terjadi.

2. Teknik Perpindahan Gigi Mobil Manual supaya Mulus

Selain itu, pemilihan gigi yang benar juga berpengaruh pada bagaimana mobil merespons akselerasi, apalagi jika pengemudi membutuhkan tenaga lebih besar untuk mendaki atau mempercepat laju.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, perpindahan gigi transmisi manual dilakukan guna mendapatkan kecepatan mobil dan daya mesin yang sesuai.

3. Apa Beda Mobil yang Pakai Baut Roda Empat dan Lima?

Jumlah baut roda pada mobil tidak sama. Ada roda yang berjumlah empat baut dan yang berjumlah lima baut.

Baut jumlah empat biasanya dipakai oleh mobil Jepang dan baut berjumlah lima diadopsi oleh mobil Eropa. Meski saat ini sebetulnya tidak ada patokan khusus.

4. Ini Akibatnya jika Lewat Tanjakan Curam Posisi Tuas Transmisi Tetap di D

Mengemudikan mobil dengan transmisi matik memang lebih mudah dibandingkan manual. Hanya dengan menginjak pedal gas dan pindah posisi tuas di D maka kendaraan sudah bisa melaju.

Namun, di beberapa medan penggunaan posisi D tidak disarankan, seperti saat melewati tanjakan curam.

5. Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis, padahal Tak Ada Kebocoran

Oli bakal berkurang seiring pemakaian akibat panas dari mesin. Namun, ketika ada masalah pada sistem pelumasan, oli bisa lebih cepat berkurang dan habis. Umumnya, oli akan berkurang bila terdeteksi kebocoran pada dinding mesin.

Sehingga, tampak ada basahan atau menetes pada kolong mobil. Faktanya, oli bisa ikut terbakar bersama BBM ketika terjadi masalah pada mesin. Sehingga, volume oli akan habis sebelum waktunya ganti atau servis berkala.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/22/064942315/populer-otomotif-klarifikasi-honda-soal-video-spion-cr-v-hybrid-meleleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke