Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Truk Impor China Usik Bisnis Karoseri Truk di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran truk impor China kini tidak hanya mempengaruhi penjualan ATPM yang sudah ada lebih dahulu di Tanah Air, namun juga turut mempengaruhi bisnis dari karoseri truk.

Sales and Marketing Department Head PT Metalindo Teknik Utama (MTU Karoseri), Hendro Wijaya mengatakan, secara bisnis karoseri di Indonesia mulai terusik dengan adanya truk Impor China yang mengusai area pertambangan. 

"Kondisinya saat ini kita mulai terbuka saja kalau kita sama-sama tahu truk China mulai masuk ke Indonesia bawa bodi sendiri. Tidak hanya ATPM yang terdampak, tapi kami karoseri juga terdampak karenan kubikasi mereka sudah besar-besar, serta harga yang lebih murah," katanya kepada media di ajang IEE Series 2024, Jumat (13/9/2024). 

Hendro menjelaskan, truk China yang datang dengan bodi kurang lebih 45 kubik bahkan sampai 50 kubik 8x4. Bahkan, dalam waktu dekat ini rencananya mereka hendak membawa lagi ke Indonesia truk dengan ukuran 10 x4 yang punya spek 77 kubik.

Kemudian, secara harga, truk China lebih murah sekitar 25 - 30 persen dari truk yang ada di pasaran  Indonesia saat ini. 

"Maka dari itu tantangannya di situ. Mereka yang teregistrasi itu baru ratusan. Sementara itu jumlahnya saat ini sudah ribuan yang masuk statusnya tidak terdaftar dan langsung main off road di tambang. Itu tantangan bodi builder," kata Hendro.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/132100315/truk-impor-china-usik-bisnis-karoseri-truk-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke