Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan yang Harus Dilakukan Bikers Saat Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta kemarin sore, Rabu (3/7/2024) ternyata hampir terjadi di seluruh wilayah metropolitan ini.

Dalam unggahan akun X (Twitter) @txtdrjkt, Rabu (3/7/2024), terlihat komentar warganet yang membagikan kondisi wilayah mereka saat hujan deras disertai angin kencang ini.

Mulai dari daerah, Cikini, Gambir, Sudirman, Kampung Melayu dan masih banyak daerah yang dilanda hujan deras disertai angin kencang, bahkan juga terlihat jarak pandang jadi terbatas.

Maka dari itu, bagi pengendara sepeda motor harus berhati-hati dan perlu menyiapkan kebutuhan yang digunakan saat kondisi hujan.

Agus Sani, Head of Promotion Safety Riding Wahana Honda mengatakan, untuk berkendara motor saat hujan memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Pertama sebelum berangkat biasakan untuk selalu mengecek kendaraan, terutama bagian ban, rem dan kelistrikan,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Kemudian, kedua siapkan atau gunakan jas hujan dengan model terpisah bukan model ponco karena ini berbahaya, bisa masuk ke jeruji ban motor.

“Ketiga, apabila hujan tiba-tiba deras atau lebat dan disertai angin kencang sebaiknya menepi di tempat yang aman dan berteduh sampai cuaca kembali kondusif,” kata Agus.

Keempat, hindari jalan dengan genangan air yang cukup tinggi, batas maksimal yang bisa dilewati motor yaitu sampai dengan lubang knalpot motor. Namun, apabila genangan air terlalu panjang sebaiknya menunggu surut dan cari rute lain yang lebih aman, pilihlah rute yang tidak banjir.

“Kelimam, gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan apabila ingin melakukan pengereman, kekuatan rem depan harus dikurangi untuk mencegah roda depan slip atau tergelincir,” kata Agus.

Terakhir, Agus mengatakan, jaga jarak aman anda dengan kendaraan didepan untuk menghindari pengereman mendadak.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/04/171200415/persiapan-yang-harus-dilakukan-bikers-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke