Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Jangan Kebiasaan Jari Selalu Menempel di Tuas Rem Depan Motor | Mau Transmisi Mobil Matik Awet, Jangan Melakukan Ini!

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi tangan saat berkendara sepeda motor menjadi salah satu faktor penentu keselamatan. Maka, penting untuk mengatur posisi tangan dan badan sebelum mengendarai motor.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani, mengatakan, pengereman yang tepat termasuk upaya cari aman saat naik motor. Namun, jari tangan stand by (bersiap) di tuas rem depan justru dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain itu, mobil matik banyak digemari masyarakat karena lebih mudah dioperasikan daripada yang manual. Pengemudi tidak perlu memainkan pedal kopling, perpindahan percepatan akan terjadi secara otomatis menyesuaikan kebutuhan.

Namun, mobil matik membutuhkan perawatan lebih intensif terkait penggantian oli transmisi. Pengoperasian mobil matik juga tidak boleh diforsir untuk mencegah kerusakan.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 25 Mei 2024 :

1. Jangan Kebiasaan Jari Selalu Menempel di Tuas Rem Depan Motor

“Otak cenderung akan memberi sinyal refleks untuk mengerem sekuatnya bila ada potensi bahaya di jalan, misalnya orang menyeberang sembarang,” ujar Agus, kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2024).

Menurutnya, potensi kecelakaan bisa meningkat bila pengendara panik dan menekan tuas rem depan dengan kuat.

2. Mau Transmisi Mobil Matik Awet, Jangan Melakukan Ini!

Cara pengoperasian yang tidak tepat dapat menyebabkan transmisi overheat lantaran adanya perbedaan putaran terlalu besar antara mesin dan laju kendaraan dalam waktu cukup lama menurut Jamal.

“Ketika putaran mesin atau RPM tinggi dan terjadi selip di dalam torque converter sangat besar, maka oli transmisi akan menjadi lebih panas, sehingga diperlukan pendinginan yang memadai,” ucap Jamal kepada Kompas.com, belum lama ini.

3. Begini Cara Memanaskan Mobil yang Benar

Memanaskan mobil mejadi rutinitas yang biasa dilakukan sebelum memulai perjalanan. Tujuan utama dari memanaskan mobil adalah memastikan bahwa mesin mobil sudah siap dan bisa bekerja dengan optimal, sehingga perlu dilakukan dengan benar.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, memanaskan mobil bisa dilakukan dalam kondisi diam di garasi tanpa harus berjalan.

4. Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Mobil Dipanaskan

Sistem kerjas mobil dengan transmisi matik jelas berbeda dengan mobil manual, sehingga cara memanaskannya juga berbeda. Untuk mobil matik, pemiliknya perlu memposisikan tuas transmisinya dengan benar supaya proses pemanasan berjalan optimal dan aman.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, mobil matik, posisikan tuas transmisi pada posisi P dan kondisi rem tangan aktif.

5. Link Live MotoGP Catalunya 2024, Sprint Race Pukul 20.00 WIB

MotoGP Catalunya 2024 yang digelar di Sirkuit Catalunya kembali akan menyajikan balapan yang tak kalah seru dari seri-seri sebelumnya. Balapan ini bisa disaksikan juga melalui stasiun TV swasta maupun secara daring atau live streaming.

Balapan di Catalunya menjadi salah satu balapan yang spesial bagi para pebalap berkebangsaan Spanyol. Banyak pebalap tuan rumah ingin meraih kemenangan di depan para penggemarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/26/070100115/-populer-otomotif-jangan-kebiasaan-jari-selalu-menempel-di-tuas-rem-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke